22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harga Sembako E-Warung BPNT Tuban Tak Boleh Lebih Mahal dari Harga Pasar

bloktuban.com | Saturday, 16 April 2022 10:00

Harga Sembako E-Warung BPNT Tuban Tak Boleh Lebih Mahal dari Harga Pasar (Istimewa)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Harga dan kualitas bahan pangan yang tersedia di e-warung Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), seyogyanya harus sama dengan yang diperjualbelikan di tempat lain atau di pasaran. Di masa pandemi seperti ini, perlunya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Tuban dapat menikmati harga umum. 

Ketua DPC PDIP Tuban sekaligus Wakil Ketua DPRD Tuban, Andhi Hartanto meminta keselarasan harga pada agen (E-Warung) dengan berpatokan pada harga umum di Pasar Tuban. 

"Misalnya harga beras di jual oleh agen tidak lebih dari harga di pasaran," ujar Andhi, Sabtu (16/4/2022). 

Politisi asal Kecamatan Soko itu melanjutkan, E-Warung di wilayah Kabupaten Tuban tidak diharapkan menjual sembako jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di warung-warung tetangga lainnya.

Selaku legislatif, pihaknya juga akan memastikan kualitas bahan-bahan pangan yang diberikan kepada KPM itu jumlah dan kualitasnya baik. 

BPNT senilai Rp200 ribu per KPM juga diharapkan dibelanjakan sesuai peruntukannya, bukan untuk membeli barang-barang lain.

Selaras dengan Andhi, Ketua Fraksi PDIP DPRD sekaligus Sekretaris DPC PDIP Tuban, Tulus Setyo Utomo mendorong masyarakat untuk tidak takut melaporkan penyaluran BPNT yang dinilai kurang tepat.

Sekaligus mengajak untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan kewirausahaan atau UMKM sehingga tidak selamanya menjadi KPM. 

“Harus ada target dan motivasi, bahwa masih ada banyak orang yang membutuhkan bantuan ini, sehingga KPM penerima bantuan sosial harus kreatif untuk meningkatkan perekonomian keluarga agar ke depannya sudah bisa mandiri. Supaya bantuan ini bisa diberikan lagi kepada keluarga lain yang lebih membutuhkan,” harap legislator asal Plumpang itu. 

Dengan meningkatkan perekonomian keluarga melalui UMKM tersebut, maka Tulus berharap para KPM akan berjuang untuk keluar dari garis kemiskinan.

Data yang dihimpun dari Kantor Pos Tuban, KPM penerima BPNT pekan ini secara bersamaan juga mencairkan BLT Minyak Goreng (Migor). Jumlah uang yang diterima KPM Rp500 ribu, yang mana BLT Migor nilanya Rp300 ribu dan BPNT Rp200 ribu. 

Pada tahun 2022, jumlah penerima Bansos di Kabupaten Tuban mencpai 93.952 KPM. Masyarakat yang hendak mencairkan dana bantuan tersebut dimintai beberapa persyaratan yaitu berupa tanda pengenal seperti KTP dan Kartu Keluarga asli. [Ali]

Tag : BPNT, Wakil Ketua DPRD Tuban, DPC PDIP, harga Sembako



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat