14:00 . Antibodi Penduduk Indonesia Naik 4 Kali Lipat   |   13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ada 1.653 Kasus Ketidakadilan Gender di Tuban Sejak 2014

bloktuban.com | Tuesday, 05 April 2022 09:00

Ada 1.653 Kasus Ketidakadilan Gender di Tuban Sejak 2014 Ilustrasi ketidakadilan gender. (Foto:Ist)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ketidakadilan gender menjadi suatu masalah yang kerap terjadi baik di lingkup keluarga, masyarakat, individu ataupun negara. Seringkali perempuan menjadi korban dari adanya ketidakadilan gender, yang tentu merugikan pihak perempuan. 

Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak kasus ketidakadilan gender yang kerap dialami oleh perempuan. Menurut catatan dari Koalisi Perempuan Ronggolawe (KP. Ronggolawe) sejak tahun 2014 hingga 2021 terdapat 1.653 kasus ketidakadilan gender yang membooming di Bumi Wali. Di mana kasus tersebut didominasi oleh kekerasan.

"Kasus kekerasan yang sering dialami oleh perempuan adalah kekerasan seperti KDRT, penelantaran dan psikis. Adanya kasus kekerasan pada perempuan adalah dampak dari ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan. Data kasus kekerasan yang kami tangani sebanyak 1.653," terang Suwarti, Ketua K.P Ronggolawe kepada blokTuban.com, Selasa (5/4/2022). 

Kendati sudah banyak kasus yang tertangani namun kasus tersebut seperti fenomena gunung es yang hanya terlihat ujungnya saja. Artinya, masih banyak perempuan yang mengalami ketidakadilan gender yang tidak melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait. 

Menurut Suwarti, salah satu faktor penyebab adanya ketidakadilan gender di Kabupaten Tuban terjadi karena masih maraknya budaya patriarki yang masih kental di Indonesia. Hal itu menyebabkan kaum laki-laki memiliki suprioritas yang tinggi baik dalam kehidupan pribadi, masyarakat, keluarga ataupun bernegara. 

Selain itu, tindak kekerasan tersebut juga terjadi karena adanya steorotype bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah dan tidak tahan banting, sehingga terjadilah subordinasi jenis kelamin dan menomor duakan perempuan dari berbagai aspek. Seperti halnya dalam kasus pekerjaan. 

"Penyebab ketidakadilan gender antara lain masih maraknya budaya patriarki, terbatasnya akses dan partisipasi perempuan, pelebelan sifat-sifat tertentu yang diberikan kepada perempuan. Seperti perempuan harus patuh, mengalah dan tidak perlu pendidikan tinggi karena pasti akan di domestik juga," jelasnya.

Tidak sampai di situ saja, perempuan juga seringkali memiliki beban ganda. Satu sisi harus melakukan pekerjaan-pekerjaan domestik seperti mencuci, memasak, merapikan rumah dan mengurus anak. Di samping seluruh pekerjaan rumah tersebut, perempuan juga masih harus bekerja mencari nafkah, serta menjadi pendamping yang baik bagi suami. [Sav/Ali]

Tag : Ketidakadilan Gender, Fenomena Gunung Es, Kekerasan Perempuan Tuban, KP Ronggolawe, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat