21:00 . Peringati 16 HAKTP, LBH KP Ronggolawe Ajak Masyarakat Tuban Sadar Hukum   |   20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ada 1.653 Kasus Ketidakadilan Gender di Tuban Sejak 2014

bloktuban.com | Tuesday, 05 April 2022 09:00

Ada 1.653 Kasus Ketidakadilan Gender di Tuban Sejak 2014 Ilustrasi ketidakadilan gender. (Foto:Ist)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ketidakadilan gender menjadi suatu masalah yang kerap terjadi baik di lingkup keluarga, masyarakat, individu ataupun negara. Seringkali perempuan menjadi korban dari adanya ketidakadilan gender, yang tentu merugikan pihak perempuan. 

Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak kasus ketidakadilan gender yang kerap dialami oleh perempuan. Menurut catatan dari Koalisi Perempuan Ronggolawe (KP. Ronggolawe) sejak tahun 2014 hingga 2021 terdapat 1.653 kasus ketidakadilan gender yang membooming di Bumi Wali. Di mana kasus tersebut didominasi oleh kekerasan.

"Kasus kekerasan yang sering dialami oleh perempuan adalah kekerasan seperti KDRT, penelantaran dan psikis. Adanya kasus kekerasan pada perempuan adalah dampak dari ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan. Data kasus kekerasan yang kami tangani sebanyak 1.653," terang Suwarti, Ketua K.P Ronggolawe kepada blokTuban.com, Selasa (5/4/2022). 

Kendati sudah banyak kasus yang tertangani namun kasus tersebut seperti fenomena gunung es yang hanya terlihat ujungnya saja. Artinya, masih banyak perempuan yang mengalami ketidakadilan gender yang tidak melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait. 

Menurut Suwarti, salah satu faktor penyebab adanya ketidakadilan gender di Kabupaten Tuban terjadi karena masih maraknya budaya patriarki yang masih kental di Indonesia. Hal itu menyebabkan kaum laki-laki memiliki suprioritas yang tinggi baik dalam kehidupan pribadi, masyarakat, keluarga ataupun bernegara. 

Selain itu, tindak kekerasan tersebut juga terjadi karena adanya steorotype bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah dan tidak tahan banting, sehingga terjadilah subordinasi jenis kelamin dan menomor duakan perempuan dari berbagai aspek. Seperti halnya dalam kasus pekerjaan. 

"Penyebab ketidakadilan gender antara lain masih maraknya budaya patriarki, terbatasnya akses dan partisipasi perempuan, pelebelan sifat-sifat tertentu yang diberikan kepada perempuan. Seperti perempuan harus patuh, mengalah dan tidak perlu pendidikan tinggi karena pasti akan di domestik juga," jelasnya.

Tidak sampai di situ saja, perempuan juga seringkali memiliki beban ganda. Satu sisi harus melakukan pekerjaan-pekerjaan domestik seperti mencuci, memasak, merapikan rumah dan mengurus anak. Di samping seluruh pekerjaan rumah tersebut, perempuan juga masih harus bekerja mencari nafkah, serta menjadi pendamping yang baik bagi suami. [Sav/Ali]

Tag : Ketidakadilan Gender, Fenomena Gunung Es, Kekerasan Perempuan Tuban, KP Ronggolawe, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat