21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sayur Asem dan Sambal Ikan Pe Menu Favorit Pedesaan

bloktuban.com | Monday, 04 April 2022 14:00

Sayur Asem dan Sambal Ikan Pe Menu Favorit Pedesaan Menu andalan di Desa Laju Kidul, Kecamatan Singgahan, Tuban. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Sayur Asem menjadi menu andalan yang digemari oleh masyarakat luas. Terbuat dari bermacam-macam sayuran dengan paduan rasa segar, pedas dan asam memiliki cita rasa yang lezat. 

Lingkungan pedesaan lebih menggemari sayur asam dengan ciri khas rasa yang pedas kemudian dinikmati dengan sambal yang pedas. Ibu rumah tangga pastinya sering kali menyuguhkan sayur asem sebagai menu sehari-hari.

Menurut Sapurah, ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Lajo Kidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban resep yang digunakan ketika memasak sayur asem adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, lengkuas, kemiri, garam, dan blimbing wuluh. 

Sayuran yang digunakan adalah lumbu (talas) sayur karena memiliki aroma dan cita rasa yang memancing selera makan. Namun untuk sayurannya bisa disesuaikan dengan selera.

“Agar lebih nikmat bumbu-bumbu yang sudah disiapkan kemudian dihaluskan dengan cara diulek, jangan diblender karena rasanya pasti berbeda, lebih sedap diulek,” kata Sapurah kepada blokTuban.com, Senin (4/4/2022). 

Sembari menghaluskan bumbu, Sapurah menambahkan untuk rebus air secukupnya. Setelah bumbunya halus, campurkan blimbing wuluh yang telah di rebus dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu. Masukan semua bumbu-bumbu ke dalam air yang direbus, tunggu hingga mendidih lalu masukan sayur-sayur yang akan dimasak.

Tunggu hingga sayuran agak lunak dan sayur asem siap dihidangkan. Tak lengkap rasanya jika menikmati sayur asem tanpa sambal ikan pe khas Tuban. Ikan pe jika dimasak menggunakan sambal berbeda dengan ikan lainnya, yaitu pedasnya akan sangat terasa. 

“Tidak perlu banyak menggunakan cabai karena ikan pe kalau dimasak dengan sambal pedasnya akan terasa,” ucapnya. 

Adapun ikan pe yang digunakan adalah ikan pe yang telah dipanggang. Bahan yang digunakan berupa cabai merah, bawang merah, tomat, sedikit terasi dan garam secukupnya. Kemudian dihaluskan dan ditumis hingga matang lalu masukkan ikan pe dan aduk pelan-pelan sampai sambal merata, kemudian angkat dan sambal ikan pe siap dihidangkan.

Generasi muda biasanya lebih memilih makanan kekinian dan cepat saji, namun sayur asem dan sambal ikan pe perpaduan menu yang pas dan pastinya keringat pun akan keluar ketika menikmati menu tersebut. Makanan pedas akan membuat selera makan meningkat dan digemari baik usia muda ataupun tua. [Lina/Ali]

 

Tag : Sayur Asam dan Ikan Pe, Kuliner Khas Pedesaan, Menu Pedesaan, Kuliner Laju Kidul, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat