Sayur Asem dan Sambal Ikan Pe Menu Favorit Pedesaan

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Sayur Asem menjadi menu andalan yang digemari oleh masyarakat luas. Terbuat dari bermacam-macam sayuran dengan paduan rasa segar, pedas dan asam memiliki cita rasa yang lezat. 

Lingkungan pedesaan lebih menggemari sayur asam dengan ciri khas rasa yang pedas kemudian dinikmati dengan sambal yang pedas. Ibu rumah tangga pastinya sering kali menyuguhkan sayur asem sebagai menu sehari-hari.

Menurut Sapurah, ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Lajo Kidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban resep yang digunakan ketika memasak sayur asem adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, lengkuas, kemiri, garam, dan blimbing wuluh. 

Sayuran yang digunakan adalah lumbu (talas) sayur karena memiliki aroma dan cita rasa yang memancing selera makan. Namun untuk sayurannya bisa disesuaikan dengan selera.

“Agar lebih nikmat bumbu-bumbu yang sudah disiapkan kemudian dihaluskan dengan cara diulek, jangan diblender karena rasanya pasti berbeda, lebih sedap diulek,” kata Sapurah kepada blokTuban.com, Senin (4/4/2022). 

Sembari menghaluskan bumbu, Sapurah menambahkan untuk rebus air secukupnya. Setelah bumbunya halus, campurkan blimbing wuluh yang telah di rebus dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu. Masukan semua bumbu-bumbu ke dalam air yang direbus, tunggu hingga mendidih lalu masukan sayur-sayur yang akan dimasak.

Tunggu hingga sayuran agak lunak dan sayur asem siap dihidangkan. Tak lengkap rasanya jika menikmati sayur asem tanpa sambal ikan pe khas Tuban. Ikan pe jika dimasak menggunakan sambal berbeda dengan ikan lainnya, yaitu pedasnya akan sangat terasa. 

“Tidak perlu banyak menggunakan cabai karena ikan pe kalau dimasak dengan sambal pedasnya akan terasa,” ucapnya. 

Adapun ikan pe yang digunakan adalah ikan pe yang telah dipanggang. Bahan yang digunakan berupa cabai merah, bawang merah, tomat, sedikit terasi dan garam secukupnya. Kemudian dihaluskan dan ditumis hingga matang lalu masukkan ikan pe dan aduk pelan-pelan sampai sambal merata, kemudian angkat dan sambal ikan pe siap dihidangkan.

Generasi muda biasanya lebih memilih makanan kekinian dan cepat saji, namun sayur asem dan sambal ikan pe perpaduan menu yang pas dan pastinya keringat pun akan keluar ketika menikmati menu tersebut. Makanan pedas akan membuat selera makan meningkat dan digemari baik usia muda ataupun tua. [Lina/Ali]