Permudah Layanan Masyarakat, Berikut Jadwal Samsat Keliling di Tuban Terbaru

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat enggan untuk bepergian jauh, termasuk dalam hal membayar pajak kendaraan. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan pendapatan pajak bermotor, Samsat Tuban hadir di tengah masyarakat dengan membuka layanan Samsat keliling. 

Samsat keliling sendiri merupakan layanan pembayaran pajak bermotor tahunan dengan sistem jemput bola, atau mendatangi wajib pajak yang berlokasi jauh dari Samsat induk. 

Selain memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan terlebih saat Pandemi Covid-19, Samsat keliling juga membuat para petugas menjadi lebih dekat dengan masyarakat, Minggu (27/3/2022).

Warno, masyarakat asal Kecamatan Plumpang merasakan betul keberadaan Samsat keliling sangat membantu masyarakat sekitar untuk taat pajak dan mematuhi aturan.  

“Ini sangat membantu masyarakat yang mau bayar pajak motor. Saya sendiri nggak perlu jauh-jauh pergi ke Tuban, di sini juga bisa,” ungkapnya kepada blokTuban.com, saat mengantre di pertigaan Tugu Plumpang. 

Ia melanjutkan, meskipun harus mengantre sedikit lama tapi setidaknya ia tidak perlu pergi jauh. Terlebih diusianya yang tergolong tidak muda lagi. 

“Iya, ini pas lumayan banyak yang bayar, kemarin hari Senin pas saya lewat agak sepi,” ungkapnya. 

Untuk membayar pajak di Samsat Keliling, dikatakan Warno hanya membawa STNK asli dan juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pemilik motor, sesuai dengan nama pemiliknya. 

Letak lokasi Samsat Keliling ini sendiri, sudah tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. seperti di Kecamatan Plumpang, Widang, Tambakboyo, Parengan, Singgahan, Jenu, Soko, Karangagung, dan juga Rembes Palang. 

“Selain Sabtu, biasanya hari Senin ada lagi. Di sini juga tempatnya pagi udah ada di sini,” terangnya.  

Adapun jadwal operasional Samsat Keliling terbaru yang bisa diakses masyarakat dengan dekat dikutip dari laman Samsatkeliling ialah hari Senin berada di Pasar Plumpang dan Tambakboyo mulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Sedangkan hari Selasa berlokasi di pertigaan Ponco Kecamatan Parengan, pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. 

Rabu bertempat di Pasar Singgahan dan Jenu mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, kemudian Kamis berada di Pasar Singgahan dan Soko pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. 

Lebih lanjut, di hari Jumat Samsat Keliling Tuban berlokasi di Pasar Karangagung Palang dan pertigaan Rembes sejak pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, dan pada Sabtu berada di  Pasar Plumpang dan Pertigaan Compreng Widang, mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 Wib. Sedangkan di hari Minggu pelayanan Samsat Keliling diliburkan. [Sav/Ali]