Warung Karaoke di Eks Lokalisasi Gandul Kena Grebek Petugas, Temukan 10 Botol Minuman Beralkohol

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lokalisasi Gandul di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban telah lama ditutup oleh Pemerintah. Kendati demikian, beberapa warga setempat ditemukan mengais rejeki dengan cara membuka warung makanan dan minuman dilengkapi fasilitas karaoke. 

Selain fasilitas karaoke dengan tarif kisaran Rp50 ribu per jamnya, pemilik warung juga menyediakan minuman beralkohol seperti arak minuman tradisional Tuban, dan minuman keras dengan merk yang lebih modern. 

Adanya minuman berakohol di warung tersebut, berakibat petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban menggrebek warung dan menyita minuman itu. Barang bukti yang disita petugas yaitu, dua botol @1,5 liter arak, dua botol anggur merah, dan enam botol anggur kolesom.

"BB tersebut kami amankan dari pemilik warung perempuan berinisial SL (68) warga Desa Gesing, Semanding pada Jumat (25/3) sekitar pukul 12.47 Wib," tutur Kasatpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (26/3/2022).

Razia menjelang bulan suci Ramadan tersebut, lanjut Gunadi akan rutin dilakukan di warung-warung yang terindikasi minuman beralkohol. Selain beraptroli secara langsung, petugas Satpol PP juga menindaklanjuti laporan dari masyarakat. 

Dalam tiga hari terakhir, tim Satpol PP Tuban telah berpatroli memeriksa setiap warung yang berada di kawasan Kecamatan Jenu, Merakurak, hingga Semanding. Sebagian warung ditemukan menjual minuman keras, dan lainnya tidak. 

"Untuk yang Operasi Miras/Mihol menjelang Ramadan belum ada pelaku yang diamankan, hanya bersifat pembinaan dan himbauan di tempat. Sementara pembinaan dan himbauan di tempat, dan bila mengulanginya sanksi akan ditingkatkan," imbuh mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban itu. 

Sebagaimana diketahui, operasi tersebut sifatnya rutinitas melalui regu On Call / URC, sehingga hampir setiap bulan dilakukan. Bedanya hanya konsentrasi dan pokok permasalahan yang menjadi perhatian petugas yang selalu berubah-ubah, misalnya Pedagang Kaki Lima (PKL), Anak Jalanan (Anjal), Miras/Mihol, dan lain sebagainya. [Ali]