18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemenag Tuban Luncurkan Kampung Binaaan di Eks Lokalisasi Gandul

bloktuban.com | Friday, 25 March 2022 11:00

Kemenag Tuban Luncurkan Kampung Binaaan di Eks Lokalisasi Gandul SANTUNAN : Kepala Kemenag Tuban Munir memberi Santunan pada Warga Gesing

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Kampung Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban jaman dulu dikenal sebagai lokalisasi, yang akrab disebut Gandul. Namun, saat Kabupaten Tuban dipimpin Bupati Fathul Huda lokalisasi itu secara resmi ditutup.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban meluncurkan kampung binaan di Wonorejo. Kampung binaan itu diberi nama Wonorejo Berkah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Ahmad Munir meluncurkan langsung Kampung Binaan Wonorejo Berkah itu,  yang dirangkai dengan memperingati Israk Mikraj dan menyambut bulan suci Ramadan. 

Acara yang digelar di masjid At-Taubah Desa Gesing itu sekaligus untuk meluncurkan program Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun, Konseling Keluarga, Bimbingan Perkawinan Mandiri, Goes to School, Hijau rumahku, Penyerahan Ikrar Wakaf, Santunan Yatim dan Dhuafa.

‘’Kami berharap semoga dengan dilaunchingnya desa binaan ini menjadikan berkah bagi warga sekitar,’’ ujar Munir.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan hikmah Israk Mikraj yang utama adalah perintah salat lima waktu. Munir mengurai mengapa setiap nisfu syaban masyarakat banyak membuat ketupat.

"Ketupat itu perlambang, terbuat dari daun kelapa yang masih muda atau janur yang berarti jannati nur atau cahaya surga. Yang dipakai membungkus beras dan beras adalah lambang keduniawian," terangnya.

Kemudian janur tersebut dianyam melingkar, menurut Munir itu berarti dunia yang terdiri dari berbagai macam jenis manusia dan golongan, diikat dijadikan satu untuk hidup rukun bahagia.

Ketupat yang terdiri dari 4 sisi yang menggambarkan empat arah mata angin namun ada satu yang paling panjang atau diibaratkan keempat arah mata angin tersebut menuju ke satu arah yaitu kiblat. 

"Maka itu falsafah Jawa, kupat adalah ngaku lepat atau ngaku salah dan memohon maaf sebelum memasuki bulan suci. Perbanyak amal di bulan Ramadan, perbanyak istighfar dan membaca kalimat thayibah," pesannya.

Sementara itu, Imam Bukhori, Kepala KUA kecamatan Semanding menambahkan untuk Back to school, artinya KUA dan Penyuluh masuk ke sekolah karena banyaknya dispensasi nikah. Sedang program hijau rumahku memberikan 1.500 bibit tanaman.

Selain itu KUA Semanding lanjutnya, juga memberikan santunan kepada 70 yatim dan dhuafa.  Ini merupakan kerjasama Kementerian Agama dalam hal ini Upzis dengan BMT Berkah Insan Mulia (BIM) Kabupaten Tuban. 

"Ini adalah hasil MoU KUA Semanding dengan BMT BIM, untuk bersama-sama berbagi kepada yatim dan dhuafa masyarakat sekitar Desa Gesing,’’ ungkapnya.[ono]

 

Tag : kampung binaan, wonorejo, gandul, kemenag tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat