17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuban Punya Empat Prioritas Pembangunan di Tahun 2023, Infrastruktur Jadi Fokus Utama

bloktuban.com | Thursday, 24 March 2022 17:00

Tuban Punya Empat Prioritas Pembangunan di Tahun 2023, Infrastruktur Jadi Fokus Utama Wabup Tuban, Riyadi membuka Musrembang di Pendopo Krida Manunggal Tuban. (Foto:Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tuban tahun 2023. mulai disusun oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu dilakukan setelah Wakil Bupati Tuban, Riyadi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tuban tahun 2022, Kamis (24/03/2022) di Pendopo Krido Manunggal Tuban. 

Penyusunan RKPD Kabupaten Tuban 2023 diselaraskan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 dengan tema ‘Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’. 

Sekaligus selaras arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Timur berupa peningkatan dan pemerataan kualitas Sumberdaya Manusia untuk mendukung daya saing menyambut era industri perdagangan dan jasa berbasis agro guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Berdasarkan pedoman tersebut, lanjut Wabup Riyadi, Pemkab Tuban memiliki empat prioritas pembangunan Kabupaten Tuban di tahun 2023. Pertama, peningkatan infrastruktur untuk pertumbuhan ekonomi, untuk layanan dasar dan peningkatan lingkungan yang berketahanan bencana. 

Kedua, penguatan berkelanjutan reformasi struktural perekonomian, berdaya, dan bernilai tambah. Ketiga, peningkatan kualitas pembangunan manusia melalui penyelenggaraan layanan dasar, peningkatan keterampilan teknis pelaku ekonomi dan ketenagakerjaan serta perlindungan sosial yang produktif. 

Keempat, perwujudan kualitas dan kinerja ASN sesuai tuntutan ekologis struktur yang sederhana, tata kelola yang terintegrasi berbasis elektronik, dan transformasi pelayanan yang adaptif. 

“Tujuan akhirnya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Kang Riyadi sapaan akrab Wabup Tuban meminta pimpinan OPD melakukan percepatan penyusunan RKPD. Langkah tersebut dilakukan secara simultan dan saling berkoordinasi lintas OPD. Penyusunan RKPD juga mempertimbangan kekuatan anggaran dan manfaatnya. 

“Agar penyusunan RKPD terintegrasi, selesai tepat waktu dan dapat segera ditindaklanjuti,” tuturnya.

Sementara itu mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si., menerangkan sejumlah program prioritas provinsi Jawa Timur diantaranya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi utamanya pada masa pandemi ini. 

Tidak hanya itu, juga disusun program guna menekan angka pengangguran terbuka dan persentase penduduk miskin. 

“Penyusunan RKPD kabupaten kota diharapkan dapat menyesuaikan dengan arah kebijakan pemprov Jatim,” jelasnya.

Mengingat pelaksanaan Musrenbang provinsi Jawa Timur akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, Hadi Sulistyo meminta agar Kepala Bappeda dan Litbang Tuban menggenjot OPD untuk menyusun program pembangunan yang akan dikerjakan pada tahun 2023. Hasil Musrenbang Kabupaten Tuban akan diteruskan di tingkat provinsi untuk dikaji lebih lanjut.

Untuk diketahui, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tuban tahun 2022 diikuti Sekda Tuban, Budi Wiyana, perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD dan Camat, akademisi, pelaku usaha, organisasi keagamaan, masyarakat, kepemudaan dan organisasi disabilitas di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini juga disiarkan melalui streming youtube, sehingga bisa dilihat oleh semua masyarakat. [Ali]

 

Tag : Prioritas Tuban di 2023, Infrastruktur, Wabup Tuban Riyadi, Musrembang, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat