Lapas Tuban Siap Wujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lapas Kelas II B Tuban sedang mempersiapkan untuk mewujudkan wilayah bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokasi Bersih dan Melayani (WBBM). Untuk menuju Zona Integritas (ZI) itu, Kepala Lapas Tuban, Siswarno menyosialisasikannya kepada seluruh pegawainya secara daring dan luring. 

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Lapas Kelas IIB Tuban itu, dibuka secara langsung oleh Kalapas Tuban, Siswarno. Dalam sambutannya, Kalapas menjelaskan kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman, menyatukan persepsi dan memperkuat komitmen kepada petugas, masyarakat dan warga binaan pemasyarakatan terkait rencana dan program kerja pembangunan Zona Integritas. 

"Tujuannya membentuk instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik," lanjut pria kelahiran Mrutuk Widang ini, Selasa (15/3/2022). 

Saat ini, Lapas Kelas IIB Tuban sedang berjuang mewujudkan satuan kerja berpredikat WB), oleh karena itu sangat mengharapkan dukungan dan kerjasamanya seluruh karyawan untuk peningkatan pelayanan publik di Lapas. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh tim zona integritas Lapas Kelas IIB Tuban terkait pengertian, serta maksud dan tujuan dari pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. 

Adapun yang menjadi narasumber kegiatan yaitu Taufan selaku ketua, M. Fariz selaku Sekretaris, Mukhlis Alfian selaku ketua Pokja Manajemen Perubahan. Dari apa yang dsampaikan tadi, Taufan memohon dukungan peserta yang hadir untuk mewujudkan Lapas Tuban yang bebas dari korupsi. Salah satunya dengan tidak memaksa petugas untuk melakukan pelanggaran.

"Jika masih ditemukan pelanggaran atau hal-hal yang masih belum dipahami, karyawan dapat menyampaikan kritik dan saran, serta pangaduan melalui kotak pengaduan atau nomor pengaduan yang sudah di sediakan," ungkap Ketua tim ZI Lapas Tuban. [Ali]