Malam Nisfu Sya’ban Segera Tiba, Ini Dia Amalan yang Perlu Diikuti

Reporter : Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah. Bagi umat Islam, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan saat Bulan Sya’ban tiba, terlebih saat malam Nisfu Sya’ban atau pertengahan Bulan Sya’ban.

Pada tahun 2022 ini, awal Bulan Sya’ban jatuh pada Jum’at 4 Maret 2022 kemarin. Hal tersebut diketahui dari kalender Hijriyah 1443 H, bahwa 1 Sya’ban bertepatan dengan 4 Maret 2022.

Dari awal Bulan Sya’ban tersebut, jika dihitung pertengahan Bulan Sya’ban (Malam Nisfu Sya’ban) jatuh pada Kamis, 17 Maret 2022.

Salah satu amalan yang dapat Anda lakukan pada Nisfu Sya’ban adalah puasa. Jika malam Nisfu Sya’ban jatuh pada tanggal 17 Maret, maka anda dapat melakukan puasa pada keesokan harinya, yakni pada Jum’at 18 Maret 2022.

 

Adapun untuk niat puasa Nisfu Sya’ban sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adai sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa sunah Sya’ban besok karena Allah Ta’ala.”

Selain puasa pada keesokan harinya, Anda juga dapat melakukan amalan pada malam Nisfu Sya’bannya, yakni pada tanggal 17 Maret malam dengan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali yang dilakukan setelah salat Maghrib.

Dengan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali, Kita berharap dosa-dosa yang telah Kita perbuat selama setahun kemarin diampuni oleh Allah SWT.

Malam Nisfu Sya’ban sendiri merupakan malam yang mana, buku catatan amal setiap umat diganti dengan buku amalan baru. Hal itu juga biasa disebut sebagai malam pergantian buku catatan amal. [Rul/Ali]