Jembatan Pelangi di Desa Wanglu Wetan Amblas, Akses Warga Terganggu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Jembatan Pelangi yang berada di Desa Wanglu Wetan, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban ambles sejak tiga hari lalu. Akibatnya, akses jalan warga desa terganggu. 

Amblesnya jembatan tersebut terjadi disinyalir karena curah hujan tinggi yang terjadi terus menerus beberapa minggu belakangan ini. Menanggapi hal ini, maka hanya kendaraan R2 saja yang diperbolehkan melintas. Sedangkan kendaraan R4 dilarang dan dialihkan ke jalan lain yang berada di desa tetangga. 

“Amblesnya ini baru tiga harian faktor hujan yang menerus. Jadi tidak bisa diakses untuk roda empat, dan roda dua dibatasi,” ungkap Suntoni, warga desa setempat kepada reporter blokTuban.com, Minggu (13/3/2022). 

Sebagai petanda jika kendaraan R4 tidak diperkenankan melintas, maka pihak kepolisian setempat memasang batu dan juga pembatas polisi yang mengisyaratkan jika bagian jalan tersebut tidak dapat dilewati. 

Kerusakan jembatan itu tentu membuat warga merasa sangat resah, sebab jembatan tersebut merupakan akses jalan utama bagi masyarakat saat hendak bekerja dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. 

"Yang memasang itu pihak polisi baru dipasang, tadi pagi belum ada," tandasnya.

Amblesnya jembatan pelangi ini, lanjut Suntoni membuat warga yang melintas menjadi was-was terlebih saat debit air sungai meluap. 

Hal tersebut bukanlah kali pertama terjadi di jembatan pelangi Desa Wanglu Wetan, mengingat pada tahun 90 an lampau jembatan tersebut juga ambrol secara tiba-tiba tanpa adanya tanda sebelumnya. 

“Ditakutkannya seperti dulu. Di tahun 90 an nggak ada angin nggak ada hujan jembatannya langsung ambrol. Itu akses utamanya Wanglu Wetan, kalau kelamaan diproses takutnya mengulangi kejadian lampau,” terangnya. 

Dengan demikan, pria ramah itu berharap agar pihak terakit bisa segera mengatasi permasalahan tersebut, agar masyarakat setempat tidak lagi merasa risau. [Sav/Ali]