Penyaluran BPNT di Kecamatan Montong Diwarnai Kerumunan, Kok Bisa?

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Montong diwarnai kerumunan, Selasa (1/3/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Montongsekar, Kecamatan Montong tersebut informasi awal melayani penerima bansos dari 13 desa. 

Secara bersamaan pula, penerima BPNT yang belum divaksin langsung disuntik di tempat. Hal itulah yang memicu antrean dan ratusan penerima berdesak-desakan di Balai Desa Montongsekar sekitar pukul 10.41 Wib. 

Melihat penerima bansos sudah di luar kendali, petugas langsung mengubah alur pengambilan bantuan. Semula vaksin dahulu baru mencairkan bansos, kemudian diubah mengambil bansos dulu baru disuntik vaksin. 

"Alhamdulillah sudah aman kita bagi dua tempat di parkiran Masjid Nurul Iman khusus yang di Balaidesa Montongsekar, karena pembagian awal untuk 13 desa tidak berimbang lima desa dan delapan desa," ujar Camat Montong, Chiko Irwanto kepada reporter blokTuban.com. 

Camat Chiko menambahkan, setelah diubah alurnya kerumunan berangsur berkurang dan saat dikonfirmasi pengambilan BPNT tinggal separuhnya. Sebab berkurumun, kata Chiko dikarenakan vaksin dulu baru menerima bantuan. 

"Setelah terjadi kerumunan di rubah jadi menerima bantuan baru vaksin, setelah itu juga dalam pembgian kita bagi dalam dua tempat dikarenakan satu tempat terlalu penuh," imbuhnya. 

Mendapat informasi adanya kerumuann dalam pengambilan Bansos BPNT, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A dan PMD) Tuban, Eko Julianto tidak ingin kejadian di Kecamatan Montong terulang di wilayah lain. 

"Sebagai antisipasi, kami akan koordinasi dengan PT. Kantor Pos Indonesia dan Forkopimca," sambung mantan Kabag Kesra Pemkab Tuban itu. 

Sebagaimana diketahui, program BPNT dicairkan tunai melalui Kantor Pos mulai Selasa (22/2) lalu. Bansos BPNT/Kartu Sembako tersebut disalurkan secara tunai 3 bulan atau triwulan sekaligus. Terhitung mulai bulan Januari, Februari dan Maret 2022 dengan jumlah nominal sebesar Rp600 ribu.

Berdasarkan data yang diterima oleh Kantor Pos Cabang Tuban, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos BPNT/Kartu Sembako terdapat sebanyak 42.904 KPM yang tersebar di beberapa kecamatan. Tidak menutup kemungkinan masih akan ada data susulan, mengingat pada akhir tahun 2021 yang lalu data KPM bansos BPNT di Kabupaten Tuban berjumlah sekitar 89.000 KPM.

Syarat penyaluran bansos BPNT, KPM wajib menerima undangan dari Kantor Pos, kemudian membawa Kartu Identitas baik itu KTP atau KK. Kantor Pos Cabang Tuban juga bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk memberikan vaksin kepada KPM yang belum malakukan vaksin. [Ali]