BPNT Dicairkan Tunai Melalui Kantor Pos, Setiap KPM Dapat Rp600 ribu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Program Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako di Kabupaten Tuban hari ini Selasa (22/2/2022) disalurkan secara tunai melalui PT. Kantor Pos, Selasa (22/2/2022).

Informasi yang dihimpun, bansos BPNT/Kartu Sembako tersebut disalurkan secara tunai 3 bulan atau triwulan sekaligus. Terhitung mulai bulan Januari, Februari dan Maret 2022 dengan jumlah nominal sebesar Rp600 ribu.

Kepala Kantor Pos Cabang Tuban, Agus Pamuji menyampaikan, sesuai dengan perintah dari Presiden RI, Joko Widodo mulai tahun 2022 ini program bansos BPNT/sembako disalurkan tunai melalui Kantor Pos.

"Atas perintah Presiden, tahun 2022 ini batuan sosial BPNT tahap pertama dibayarkan secara tunai melalui kantor pos," terang Agus Pamuji di lokasi.

Agus menyampaikan, berdasarkan data yang diterima oleh Kantor Pos Cabang Tuban, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos BPNT/Kartu Sembako terdapat sebanyak 42.904 KPM yang tersebar di beberapa kecamatan.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan masih akan ada data susulan, mengingat pada akhir tahun 2021 yang lalu data KPM bansos BPNT di Kabupaten Tuban berjumlah sekitar 89.000 KPM.

"Data yang turun, jumlah KPM di Kabupaten Tuban ada sebanyak 42.904 dan masih akan ada data susulan lagi," imbuhnya.

Adapun, lanjut Agus, syarat penyaluran bansos BPNT ini, KPM wajib menerima undangan dari Kantor Pos, kemudian membawa Kartu Identitas baik itu KTP atau KK. 

Dalam penyaluran bansos BPNT kali ini, Kantor Pos Cabang Tuban juga bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk memberikan vaksin kepada KPM yang belum malakukan vaksin.

Sementara itu, salah satu KPM asal Kelurahan Perbon, Tarmini (55) menyampaikan, kedatangannya ke kantor pos hari ini untuk mengambil bansos di Kantor Pos. Adapun persyaratan yang dibawa dalam pengambilan itu adalah KTP dan kartu Vaksin.

"Hari ini saya dapat bansos Rp600 ribu, selanjutnya uang ini akan saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari," pungkas Tarmini.[hud/ono]