Rayakan HUT ke-14, Anggota Kosti Tuban Bersihkan Sampah di Stadion Loka Jaya

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Hari ulang tahun Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) yang ke-14 diperingati oleh seluruh paguyuban pecinta sepeda tua yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia secara serentak. Termasuk Kosti Tuban menggelar agenda ngonthel bersama serta bakti sosial membersihkan sampah di Stadion Loka Jaya Tuban, Minggu (13/2/2022). 

Nurhadi, salah satu anggota Kosti Tuban yang merupakan Ketua klub Gabungan Onthel Lawas (GAOL) dari Desa Ngino, Kecamatan Semanding mengungkapkan, salah satu pertimbangan dilakukannya bakti sosial bersih-bersih di Stadion Loka Jaya, karena meskipun lapangan tersebut berada di tengah pemukiman masih terdapat banyaknya sampah-sampah yang berserakan.

“Insya allah kalau di sana tenaga dari Kosti tercukupi karena jika bersih-bersih pantai yang begitu panjang dan tidak ada ujungnya kami belum mampu. Tapi kedepannya, mungkin jika ada kegiatan lagi akan dilakukan di pantai-pantai yang memang sangat perlu dibersihkan,” ujarnya. 

Sementara itu, Masripan, Ketua Kosti Tuban berharap agar kedepannya Kosti Tuban semakin maju, dan berkembang. Bukan hanya melakukan rutinitas kegiatan ngonthel bersama saja, melainkan diselingi berbagai kegiatan lain yang bermanfaat untuk masyarakat. 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada paguyuban-paguyuban yang sudah hadir untuk agenda ngonthel bareng dan bakti sosial di Stadion Loka Jaya," sambungnya. 

Anggota Kosti Tuban terdiri dari kurang lebih 32 klub dari berbagai daerah di Kabupaten Tuban. Situasi pandemi Covid-19 menjadi sebab, tidak seluruh anggota kosti Tuban ikut serta agenda ngonthel bareng dan bakti sosial.

Kendati demikian, klub-klub yang tidak bisa hadir tetap mengadakan acara bakti sosial lain di daerahnya. Misalnya klub sepeda lawas dari Jenu dan Singgahan melakukan bakti sosial santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

“Intinya, seluruh kegiatan lain dilaksanakan di klub masing-masing karena tidak memungkinkan dijadikan satu di Tuban karena masih kondisi pandemi, yang kaitannya harus taat prokes dan pembatasan jumlah peserta,” jelasnya.

Untuk agenda di Tuban, diikuti delapan klub pecinta sepeda lawas yang ada Tuban yaitu, Klub Rosela (Ronggolawe Sepeda Lawas), Gaol (Gabungan Onthel Lawas), Klub Cok dari Tegalbang, Pojok dari Tasikmadu, Putrolawe, Bangpro dari Tuban Kota, dan klub Konco dari Cendoro.

Rute ngonthel bareng dimulai sekitar pukul 07.00 Wib dari Alun-alun Tuban menuju Jalan Basuki Rahmat, kemudian melewati Jalan Pramuka, dilanjutkan ke Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo, sampai depan Masjid Al-falah belok ke kiri menuju ke arah ringroad, kemudian dari SMP N 4 belok ke kanan menuju arah permata bonang dan sampai ke lokasi Stadion Loka Jaya sekitar pukul 09.00 WIb. [Din/Ali]