19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |   06:00 . Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Begini Cara Mengatasi Tanaman Padi yang Terserang Hama Potong Leher

bloktuban.com | Saturday, 05 February 2022 18:00

Begini Cara Mengatasi Tanaman Padi yang Terserang Hama Potong Leher

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Hama potong leher sering menyerang tanaman padi petani, pada saat masa tanam di musim penghujan. Pemicunya ialah jamur yang menyebabkan munculnya hama potong leher berkembang biak dengan sangat cepat. 

Pada umumnya, padi yang terserang potong leher ujung tangkainya menjadi busuk, mudah patah, dan gabah tidak memiliki isi. Ketika potong leher sudah mewabah, maka membawa dampak yang buruk untuk petani. Di mana jumlah panen yang akan dihasilkan mengalami penurunan, karena padi banyak yang tidak berisi, Sabtu (5/2/2022)

“Potong leher itu paling banyak ditemui kalau musim hujan. Disebut potong leher karena bagian bawah padi bagus, tapi bagian atasnya menguning dan tidak ada isinya,” ucap Kardi, salah satu petani Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. 

Kardi menambahkan jika biasanya sawah miliknya yang berukuran satu hektar bisa menghasilkan sekisar delapan hingga sembilan ton sekali panen. Saat terserang potong leher, pendapatannya jauh berkurang hingga empat ton gabah. 

“Biasanya ini penyebabnya karena hujan di malam hari, terus rumput banyak juga bisa berpengaruh,” terangnya

Oleh karena itu, penanganan potong leher harus dilakukan cepat dengan pestisida agar serangan hama tidak semakin parah. “Susah kalau sudah kena potong leher ini, tapi biasanya disemprot pakai obat,” katanya. 

Sementara itu, dilansir dari pertanianku.com untuk mengendalikan penyakit potong leher maka harus menanam benih yang sehat yaitu benih yang tidak membawa patogen blas dan berasal dari benih yang tidak terserang patogen blas. 

Selain itu, menanam padi dengan cara jajar legowo hal ini bertujuan agar kelembapan pada tanaman padi tidak tinggi sehingga dapat menghambat perkembangan penyakit atau hama potong leher. 

Disarankan melakukan pemupukan NPK sesuai dengan kandungan hara tanah, sehingga kebutuhan unsur hara pada tanaman padi bisa terpenuhi dan padi tumbuh dengan optimal. Sekaligus bisa mempertahankan diri dari serangan penyakit potong leher atau blas. [Sav/Ali]

 

Tag : tanaman padi, serangan potong leher, pestisida, pumupukan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat