23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

298 Buruh Kontrak dengan IKSG Tuban Kecuali 13 Orang

bloktuban.com | Thursday, 13 January 2022 12:00

298 Buruh Kontrak dengan IKSG Tuban Kecuali 13 Orang DIPENUHI : Tuntutan Buruh Ahirnya Dipenuhi Setelah Demo Tiga Hari

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mediasi sebanyak enam kali yang dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Tuban ada titik terang, setelah mediasi dengan Komisi 2 DPRD, Dinas Tenaga Kerja Tuban dan Jatim, manajemen IKSG dan Swabina Gatra pada 12 Januari 2022 di gedung wakil rakyat.

"Kami sudah mediasi sebanyak enam kali dan yang terakhir disepekati dengan beberapa catatan," kata Ketua FSPMI Tuban, Duraji kepada blokTuban.com, Kamis (13/1/2022).

Duraji menambahkan, dari 311 buruh yang terdampak pengalihan vendor IKSG, 298 bisa bekerja lagi mulai tanggal 13 Januari 2022. Penandatanganan kontrak kerja dapat dimulai sampai maksimal pukul 20.00 WIB.

Untuk yang 13 buruh sementara belum bisa bekerja, karena kontraknya dengan vendor lama selama empat bulan tidak terlaporkan ke IKSG.

Catatan yang dimaksud Duraji yaitu, bilamana ke depannya ditemukan pelanggaran-pelanggaran, maka akan dilakukan kajian ulang istirahat bergilir Swabina Gatra. Untuk uang makan dan tunjangan masih tetap dengan sebelumnya yakni Rp10.500 per hari dan Rp50.000 per bulan.

Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Tuban, Zuhri Ali membenarkan bahwa seluruh pekerja eksisting atau pekerja yang kontrak dengan vendor lama Varia Usaha Fabrikasi (Vufa) kontrak lagi dengan vendor baru yaitu Swabina Gatara sejumlah 298 orang. Catatannya hak-hak buruh diberikan secara penuh.

Terkait uang makan buruh, legislatif akan berupaya membuatkan regulasinya supaya semua perusahaan di Tuban menjamin kesejahteraan dan gizi pekerjanya. Sedangkan tunjangan kerja dapat dilakukan berdasarkan penilaian-penilaian dan komunikasi antara pemberi dan penerima kerja.

"Batas minimal uang makan di Tuban belum kami putuskan. Mudah-mudahan minimal Rp15.000 sama dengan Lamongan," sambung Zuhri Ali.

Politisi asal Kecamatan Montong tersebut menilai besaran uang makan buruh IKSG sebesar Rp10.500 per hari belum dikatakan layak. Legislatif akan mendorong Bupati Halindra untuk mengeluarkan surat edaran untuk besaran uang makan di Kabupaten Tuban.

Sesuai PP Nomor 35 tahun 2021, sudah tepat bila pekerja sebelumnya atau eksisting diprioritaskan ketika terjadi alih daya. Seperti yang sekarang terjadi antara vendor lama Vufa ke Swabina Gatra.

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tuban mengamati tidak ada yang dilanggar dalam alihdaya pekerja di IKSG. Kendati demikian, masih perlu perjuangan bila buruh meminta kewajaran.

"Istirahat bergilir itu yang benar daripada tanpa istirahat (TI) karena rawan kecelakaan kerja. Bila kecelakaan sampai terjadi, maka beban ada di perusahaan pemberi kerja dan tidak bisa diusulkan mendapat santunan," kata Kepala Bidang Pelatihan, Penempatan dan Hubungan Industrial Disnaker dan Perindutrian Tuban, Wadiono.

Sebagaimana diketahui, aksi unjuk rasa buruh yang tergabung dalam FSPMI Tuban berlangsung tiga hari. Demo hari terakhir berimbas pada penutupan akses Pelabuhan Khusus (Pelsus) Semen BUMN dan kemacetan Jalur Pantura Tuban selama enam jam mulai pukul 09.00 sampai 15.00 Wib. [ali/ono]

 

Tag : buruh, demo, tuntutan, perusahaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat