Kwarda Jatim Harap Gerakan Pramuka Tuban Jadi Pelopor Pramuka Produktif

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Tuban dengan masa bakti 2021-2024.

Pengukuhan dilakukan dalam acara pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Tuban Masa Bakti 2021-2026 di Pendopo Kridha Manunggal pada Jumat (24/12/2021).

Di acara tersebut turut hadir Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, H.M Arum Sabil, Ketua Harian Kwarda Jatim, Suyatno, Sekretaris Kwarda Jatim, Bambang, Wabup Kabupaten Tuban, H. Riyadi, Dandim 0811, Letkol inf Suhada Erwin, Perwakilan Kapolres Tuban, Budi Santoso, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Pimpinan OPD Kabupaten Tuban, dan jajaran Forkopimda.

Aditya Halindra Faridzky atasnama Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tuban berharap di kepengurusan yang baru dilantik tersebut dapat mengemban amanah dengan sukarela dan ikhlas sehingga dapat melaksanakan tugas dengan senang hati. 

“Saya juga berharap kepengurusan baru untuk selalu merespon positif dan turut berpartisipasi aktif dalam seluruh program gerakan pramuka,” harapnya.

Selain itu, Bupati Tuban tersebut juga berharap agar kepengurusan baru dapat menyempurnakan dan meningkatkan pendayagunaan potensi cabang gerakan pramuka, termasuk di dalamnya SDM, materi pendidikan, sistem pembinaan, serta manajemen organisasi.

“Turut bersinergi dengan Pemkab Tuban yang mengedepankan kearifan lokal serta mendukung visi misi untuk membangun dan mewujudkan Tuban sejahtera melalui mbangun deso notho kutha agar gerakan pramuka semakin mendapatkan perhatian dari generasi muda,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar kepala dinas terkait turut serta memberikan dukungan-dukungan optimal pada gerakan pramuka Kabupaten Tuban. 

“Untuk pengurus majelis pembimbing ranting dan pengurus kwartir ranting, saya juga minta untuk bersama-sama berjuang serta memberikan dukungan yang serupa di daerahnya masing-masing,” pintanya.

Sementara, H.M Arum Sabil selaku Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur mengatakan bahwa gerakan pramuka yang bertujuan untuk penguatan karakter dan membangun kebangsaan harus dikelola dengan baik dan professional agar bisa membantu generasi muda menjadi lebih baik.

Majelis pembimbing dalam gerakan pramuka merupakan unsur yang penting karena memiliki tugas untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan memberikan fasilitas penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Sesuai dengan AD/ART ayat 11, majelis pembimbing harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap gerakan pramuka, yang mana kami yakin bahwasanya Tuban yang dipimpin Bupati muda akan berkomitmen untuk menjalankan tugas tersebut,” jelasnya.

Dalam 5 tahun kedepan, Kwarda Jatim akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut aktif dalam pengembangan ketahanan pangan nasional.Sebagai Ketua Kwarda Jatim, ia berharap bahwasanya pramuka tuban dapat menjadi pelopor terdepan sebagai pramuka yang produktif dan unggulan Kabupaten Tuban. 

“Melalui pramuka produktif Kwarda Jatim akan mengajak untuk fokus pada budidaya peternakan, pertanian, dan perkebunan sehingga bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi,” pungkasnya.[din/ono]