Penerima Makanan Siap Saji Bantuan Bulanan BAZNAS Tutup Usia

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Salah satu penerima bantuan makanan siap saji dari BAZNAS bernama Kasemi tutup usia pada 19 Desember 2021. Mbah Kasemi merupakan warga Desa Plumpang RT. 02/RW. 02, Kecamatan Plumpang.

Informasi yang dihimpun dari BAZNAS, Kasemi adalah satu dari 98 penerima lainnya yang setiap hari dikirimi makan (pagi dan sore) oleh petugas BAZNAS Kabupaten Tuban.

Sesuai hasil survey BAZNAS Kabupaten Tuban pada tanggal 09 Januari 2019, Mbah Kasemi adalah seorang lansia berusia 76 tahun yang hidup sebatang kara. Selain itu tidak memiliki anak, tidak juga memiliki saudara. Untuk makan sehari-hari mengandalkan bantuan tetangganya.

Melihat kondisi Mbah Kasemi saat itu, Pimpinan BAZNAS Kabupaten Tuban memutuskan untuk memberikan bantuan konsumtif bulanan yang diwujudkan dalam program kegiatan BERKHIDMAD (Berkirim Harian Donasi Makanan Bagi Dhuafa).

Sejak 2019 lalu Mbah Kasemi mendapat kiriman makanan siap saji dari BAZNAS Kabupaten Tuban.

Pimpinan BAZNAS Kabupaten Tuban menyampaikan banyak terima kasih kepada para muzakki (donatur) yang telah membantu meringankan beban Mbah Kasemi untuk bisa makan sehari-hari.

“Semoga zakat yang dibayarkan mampu menyucikan harta muzakki, dan harta yang tersisa semakin berkah. Masih banyak dhuafa yang perlu dibantu seperti Mbah Kasemi," ungkap Ny. Hj. Siti Syarofah, Ketua BAZNAS Kabupaten Tuban.

Sekedar diketahui, program pemberian makanan siap saji juga digelontorkan Pemkab melalui Dinas Sosial di tahun 2019. Sasarannya Lansia tidak potensial dan sebatang kara.

Tidak sedikit anggaran yang digunakan waktu itu sebesar Rp3.285.000.000 yang bersumber APBD untuk 300 Lansia di empat kecamatan. Mencakup 176 lansia Kecamatan Tuban, 51 orang di Semanding, 40 orang di Merakurak, dan 33 orang di Palang. [ali/ono]