TNI dan Bidan Desa di Bancar Lakukan Vaksinasi Lansia Door to Door

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban saat ini terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi para Lanjut Usia (Lansia). Bahkan, aparat TNI-Polri pun diminta untuk mengawal jalannya vaksinasi, hal itu dilakukan untuk mempercepat capaian 'Herd Immunity' serta upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama TNI-Polri terjun langsung untuk melakukan vaksinasi, seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0811/12 Bancar Sersan MD. Bagus Raka bersama Bidan Desa Nelly mereka melaksanaan vaksinasi dengan cara 'door to door' atau dari rumah ke rumah di wilayah Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (16/12/2021).

Pada kesempatan itu, Sersan MD. Bagus Raka mengatakan, pelaksanaan vaksinasi secara 'door to door' ini disambut baik dari warga masyarakat. Dengan cara seperti ini masyarakat merasa dipermudah dalam mendapatkan vaksin.

"Vaksinasi door to door merupakan strategi jemput bola yang dilakukan untuk memaksimalkan capaian vaksinasi bagi lansia. Jadi vaksinasi door to door itu sendiri dilaksanakan oleh Puskesmas melalui Bidan Desa setempat yang dibantu Satgas Covid-19 tingkat desa atau Kelurahan yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah,” ungkap Sersan MD. Bagus Raka.

Dia menambhkan, upaya door to door atau dari rumah ke rumah memerlukan dukungan data yang akurat By Name - By Address, sehingga mempermudah petugas di lapangan dalam memberikan vaksin kepada para lansia dengan menggandeng perangkat desa. 

“Vaksinasi door to door memerlukan data terakhir lansia yang telah vaksin, sehingga dapat mengetahui para lansia yang belum vaksin. Data tersebut dihimpun oleh perangkat desa melalui Kepala Dusun (Kadus), maka dari itu kami mengajak Ibu Kadus Ngembak dan Kadus Sowan,” terang Raka panggilan akrabnya.

Sementara itu, Bidan Desa (Bides) Nelly menuturkan, saat ini proses distribusi data vaksinasi dari Dinkes ke Puskesmas-puskesmas di wilayah Kabupaten Tuban.  

Setelah data rampung secara intens, maka akan dilakukan vaksinasi door to door oleh petugas di lapangan, jadi sementara vaksinasi lansia ini masih dilakukan berdasarkan data yang telah tercover atau terhimpun oleh desa,” imbuhnya. 

Hingga 15 Desember, tercatat vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Tuban sudah mencapai 71,82 persen atau sebanyak 679.205 jiwa dari target level 1 PPKM sebesar 70 persen. Sedangkan untuk cakupan vaksinasi lansia dosis satu, sudah mencapai 65,91 persen atau 87.216 jiwa dari standar level 1 PPKM sebesar 60 persen.[hud/sas]