Peduli Korban Semeru, Pekerja Seni Tuban Galang Dana di Kerek

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pekerja Seni di Kabupaten Tuban yang terdiri dari Seniman, Artis, Musisi, MC, serta pengusaha persewaan panggung, terop, sound system, tukang shooting perias pengantin menyelenggarakan kegiatan penggalangan dana bagi korban erupsi Gunung Semeru, Senin (13/12/2021).

Penggalangan dana yang dikemas 'Ngamen Bareng Solidaritas Pekerja Seni Tuban' itu diselenggarakan di Terminal Baru Kecamatan Kerek dengan menyasar donatur yang berada di pasar tradisonal Margomulyo serta Pasar Hewan Kerek.

Selain itu pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut juga menjadi sasaran target para pekerja seni dalam kegiatan aksi sosial tersebut.

Koordinator kegiatan tersebut, Mohamad Rifai mengatakan, ngamen penggalangan dana itu sebagai bentuk rasa syukur insan seni yang kini sedikit demi sedikit mulai bergeliat setelah hampir dua tahun lebih giat ekonomi para seniman nyaris lumpuh total akibat pandemi COVID-19.

Sekaligus mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyisihkan sedikit rezekinya guna membantu korban erupsi Gunung Semeru. 

"Sedikit rezeki yang kita sisihkan semoga mampu meringankan beban saudara - saudara kita yang terdampak meletusnya Gunung Semeru itu," harap Rafi sapaan akrabnya.

Rafi juga menyampaikan, kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan pihak Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban, agar penyaluran dana yang sudah terkumpul jelas arah penyaluranya.

"Kita akan berkerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tuban dalam penyaluranya sehingga nanti dapat disesuaikan dengan apa yang saat ini dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang ada di sana," imbuhnya. 

Sementara itu dalam penggalangan dana yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut memperoleh dana Rp6.700.000 yang nantinya akan dikumpulkan setelah para pekerja seni melakukan kegiatan ngamen sosial di masing-masing kecamatan. 

Sekadar diketahui kegiatan ngamen yang diselenggarakan di Terminal Kerek itu merupakan kegiatan yang ke 3, sebelumnya kegiatan yang sama telah dilaksanakan di Pasar Ngaglik Palang serta Pasar Baru Tuban.

Sedangkan untuk jadwal selanjutnya pada tanggal 14 Desember 2021, ngamen sosial peduli korban erupsi Gunung Semeru ada di dua tempat, yakni Pasar Montong dan Pasar Merakurak.[hud/col]