Tingkatkan Ekonomi Desa, Karang Taruna Leran Kulon Gelar Leran Fest

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Peringatan Hari Jadi Tuban (HJT) yang ke-728 terus diperingati oleh masyarakat. Pada Minggu, (12/12/2021) karang taruna Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang menyelenggarakan kegiatan Leran Fest. 

Kegiatan tersebut berlangsung dengan berbagai rangkaian acara seperti senam pagi bersama, opening leran festival, pentas seni dan dialog pengembangan potensi Leran Kulon serta teropong sejarah Tuban. 

"Tadi kegiatannya mulai pagi ada senam, setelah itu pembukaan dari perangkat desa, kemudian pentas seni dari lembaga pendidikan setelah itu penghargaan untuk lembaga tadi, habis ashar dialog sejarah desa, lalu malamnya ada pentas seni dari silaturasa" ujar Miftahul Ulum, Ketua Panitia Leran Fest kepada blokTuban di tempat acara. 

Selain memperingati HJT, acara yang diselenggarakan di Lapangan sepak bola Leran Kulon tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa melalui bazar UMKM untuk warga desa maupun luar desa. 

Kendala yang dialami dalam acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB dan akan berlangsung hingga malam hari itu, ada pada cuaca yang ekstrem sehingga pemasangan tenda bazar maupun panggung terhambat dan akibatnya acara sedikit molor. 

"Kendalanya ada pada hujan tadi malam, anak-anak mau pasang tenda juga terhalang jadinya pemasangan baru tadi pagi dilakukan. Seharusnya pemasangannya tadi malam karena waktunya tidak mencukupi akhirnya banyak ornamen-ornamen yang tidak terpasang," tutur Ulum. 

Ia melanjutkan, selain cuaca, stand bazar yang ia sewa dari pihak Koperindag sudah tidak layak untuk dipakai karena banyak tenda yang berlubang, sehingga saat hujan mengguyur susah untuk melanjutkan kegiatan.

Karena acara tersebut baru pertama kali dilakukan oleh karang taruna Desa Leran Kulon, maka pria ramah tersebut mengaku jika banyak pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan yang sedang berlangsung saat ini seperti tarif penyewaan stand bazar untuk masyarakat yang dinilai terlalu murah. 

Ulum berharap untuk kedepannya pihak dinas mau bekerjasama dengan baik dan fasilitas-fasilitas yang sudah ada diperbaiki lagi, terlebih jika saat musim hujan agar situasi-situasi yang tidak diinginkan bisa diatasi dengan baik.

"Seharusnya setahun sekali harus ada perbaikan karena diacara seperti ini kan kena panas kena hujan sering keluar, jadi setahun sekali harus ada perbaikan," tutupnya. [sav/col]