Leran Fest 2021 Tarik Minat 35 Pelaku UMKM Kenalkan Produknya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam kegiatan Leran Fest yang dilakukan oleh Karang Taruna (Kartar) Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban juga mengadakan bazar untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan potensi desa guna meningkatkan perekonomian terlebih saat Pandemi seperti ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Miftahul Ulum selaku ketua panitia bahwa salah satu kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu atau mendorong 

peningkatan perekonomian masyarakat terlebih warga Desa Leran Kulon.

Namun demikian, ada banyak masyarakat dari daerah luar desa yang ikut serta menjajakan barang-barang dagangannya di acara yang digelar oleh Kartar tersebut.

"Pertama untuk UMKM khusus desa tapi karena kuota yang ditawarkan banyak akhirnya mereka manggil teman-temannya komunitas pedagang, banyak yang pengen ikut karena lama nggak ada event akhirnya kita buka untuk semua," ujar Ulum pada Minggu (12/12/2021). 

Untuk dapat berjualan atau menyewa stand bazar para pelaku UMKM dikenakan tarif sebesar Rp20.000 hingga Rp100.000 tergantung dari fasilitas yang akan mereka dapatkan dari pihak panitia.

Ada sekitar 35 pelaku UMKM yang turut serta memeriahkan Leran Fest tersebut. Rata-rata dari mereka menjajakan berbagai macam makanan seperti Kentucky, seblak, pizza, kebab, pentol, sempol, dan juga aneka minuman diantaranya es teh, yakult, capucino cincau dan masih banyak lagi.

"Ada tiga kelas yang reguler tanpa stand Rp20.000 warga lokal kalau dari luar Rp35.000 sampai Rp50.000 tergantung ukuran yang dibawa, kalau reguler stand Rp50.000, kalau VIP stand Rp100 ribu," jelasnya.

Sementara Andik salah satu pelaku UMKM yang turut serta berjualan dalam event tersebut mengatakan jika adanya kegiatan yang diadakan oleh Kartar Leran Kulon sangat membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produk dagangannya agar lebih dikenal oleh para masyarakat luas. 

"Adanya event seperti ini sangat membantu karena kita mau memasarkan produk kita itu susah tapi kalau ada event seperti ini laku nggak laku itu nggak penting yang penting kita bisa mengenalkan produk kita," tutupnya. [sav/col]