Sambut PON Aceh, Jatim Mulai Cetak Atlet Gulat Sekaliber Candra Marimar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 200 atlet gulat dari 21 Kabupaten/Kota di Jawa Timur mengikuti Kejuaraan Praporprov Gulat dan memeriahkan Hari Jadi ke- 728 Kabupaten Tuban.

131 pegulat putra dan 69 putri tersebut berasal Kabupaten Tuban, Madiun, Blitar, Kota Batu, Jombang, Kota Malang, Malang, Pacitan, Kota Madiun, Sidoarjo, Lumajang, Banyuwangi, Magetan, Mojokerto, dan Kota Surabaya.

Kejuaraan Pra Porprov Gulat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tuban Riyadi, SH di Lapangan Tenis Indoor Tuban, Jum’at (10/12). Turut mendampingi Kasdim 0811 Mayor Chb Nur Hadi, Perwakilan Polres Tuban, Sekda Budi Wiyana, Ketua PGSI Tuban Nur Hamid, Asisten Pemerintahan Joko Sarwono, Inspektur Inspertorat Aguk Waluyo.

Ada juga Kepala Dinas Kominfo Arif Handoyo, PLT Disparbudpora Endro Budi Sulistyo, Kasatpol PP Hery Muharwanto, Kabag Pemerintahan Erkhamni, Kepala Dinas Kesehatan Bambang Priyo Utomo, serta Kabag Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tuban Suwito. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengprov PGSI) Jawa Timur, Rakhman, menyampaikan terimakasihnya kepada Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah yang telah menyambut para atlet dengan baik. Kabupaten Tuban memiliki pegulat hebat bernama Candra marimar, yang telah menorehkan prestasi cemerlang di PON Papua.

“Pegulat berprestasi asal Tuban yang main pertama kali di PON, dan langsung menang mendali emas. Dia berhasil mengalahkan pemenang SEA GAMES. Ini sangat hebat,” kata Rakhman dalam keterangan resmi yang diterima blokTuban.com, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Rakhman, adanya Pra Porprov ini menjadi ajang mencarian atlet gulat potensial di Jawa Timur yang nantinya bisa berlaga di PON Aceh tahun depan. Diharapkan, hasil dari Pra Porprov ini menjadi cikal bakal munculnya atlet gulat penyumbang emas untuk Jawa Timur.

“Semoga akan muncul bibit unggul atlet gulat yang mewakili Jawa Timur, hingga Nasional, bahkan Olimpiade,” terangnya.

Sementara Wabup Riyadi berpesan agar para atlet terus bersemangat dan berjuang dalam mengharumkan nama daerah masing- masing, tak terkecuali atlet Tuban.

Menurutnya, prestasi bergerak sangat dinamis, untuk itu harus giat dalam berlatih meningkatkan kapasitas agar siap menghadapi pertandingan yang ada.

“Harus siap mental, siap fisik, siap bekerja keras dan berjuang. Karena siapa yang siap, dia yang akan jadi pemenang,” ujar Wabup. 

Event ini, lanjut mantan Kades Maibit Kecamatan Rengel meminta agar atlet bisa memberikan pertandingan yang berkualitas dan pantas disuguhkan hingga tingkat nasional. Lebih dari itu, adalah bisa menikmati kompetisi dengan penuh semangat.

“Meskipun event ini Pra Porprov dan juga untuk memeriahkan HJT Tuban, tapi mari kita bicara Jawa Timur dan Indonesia. Kita suguhkan pertandingan yang berkualitas,” ucapnya.

Riyadi melanjutkan, optimisme dari seorang atlet menjadi dopamine tersendiri untuk  menjadi juara. Untuk itu, penting bagi seorang atlet selalu menumbuhkan rasa optimisme disanubari, sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dan Negara. [ali/ono]