Gedung Budaya Loka Tuban Bakal Direvitalisasi Menjadi Tuban Creative Center

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Komisi 4 DPRD Tuban kepada Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif menyampaikan terkait potensi wisata Tuban yang bisa di kembangkan. Mengingat Tuban memiliki garis pantai kurang lebih 65 Kilometer yang berpotensi menjadi wisata pantai ada spot-spot yang sangat menarik.

Potensi wisata yang di miliki Tuban yaitu 78 objek wisata. Rinciannya empat objek dikelola Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (disparbudpora),21 wisata religi, 12 wisata alam dan 41 wisata desa yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Pada kesempatan itu, Komisi 4 juga menyampaikan rencana pemerintah daerah untuk pembangunan Tuban Creative Centre dengan merevitalisasi Gedung Budaya Loka di Jalan Basuki Rahmat. Selama ini gedung tersebut digunakan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya, serta sebagai wadah pengembangan sektor ekonomi kreatif dalam upaya mendukung wisata daerah.

"Pariwisata sebagai komponen penting dalam mendukung pengembangan ekonomi. Di tengah pandemi ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata mengalami menurunan drastis lebih dari 50%," ujar Ketua Komisi 4 DPRD Tuban, Tri Astuti dalam keterangan resminya kepada blokTuban.com, Jumat (12/12/2021).

Untuk itu, lanjut politisi Gerindra untuk pemulihan pariwisata maka inovasi pemasaran, terobosan dalam mencari pasar baru, jaminan keamanan covid, dan promosi digital menjadi cara dalam pemulihan pariwisata.

Selain itu, pengelolaan yang berkelanjutan mampu memberikan dampak ekonomi dan multi flayer efect perlu di tingkatkan, melalui pembangunan kelembagaan yang kompeten.

Kunjungan kali ini Komisi 4 diterima oleh oneng sekertaris Deputi dan Wisnu selaku koordinator pengembangan destinasi Wilayah Jatim dan beberapa kabag. [ali/rom]