Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Banjir di kawasan Tuban Kota, menjadi fokus Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky di penghujung tahun 2021. Langkah nyata penanggulangan bencana tersebut, muncul wacana pembuatan cekungan di bekas galian tambang.

Bupati Halindra memilih Desa Kowang, Kecamatan Semanding sebagai lokasi cekungan. Desa itu merupakan kawasan hulu yang kondisinya gundul, sehingga tidak ada kekuatan untuk menyimpan air hujan.

Fakta bahwa lahan gundul terjadi hampir di seluruh daerah hulu hingga hilir, menjadi penyebab paling kuat terjadinya banjir dan genangan di beberapa daerah termasuk wilayah kota.

“Kesimpulan kami adalah, banyak lahan wilayah perbukitan gundul, jadi air dari atas langsung turun ke bawah tanpa ada tampungan dan penahan,” ucap Bupati Halindra, Rabu (8/12/2021).

Selain upaya seperti normalisasi anak sungai, lanjut Lindra pembukaan pintu air Bengawan Solo, pembersihan saluran, pelebaran drainase hingga pembuatan waduk menjadi Big Project dalam upaya penanggulangan banjir di Kabupaten Tuban.

Reboisasi dari wilayah hulu hingga hilir menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Untuk itu, Bupati yang juga Ketua DPD Golkar Tuban mengajak seluruh pihak baik swasta, perusahaan, hingga masyarakat Kabupaten Tuban untuk melakukan reboisasi bersama pemerintah.

“Semua usaha kita seperti membuat drainase atau waduk tidak akan maksimal kalau kita tidak melakukan reboisasi. Jadi, saya mengajak semua pihak, perusahaan, masyarakat untuk menanam pohon, ayo reboisasi,” serunya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi di balai desa setempat. Sekaligus memastikan vaksin terserap dengan maksimal.

Turut mendampingi Bupati yaitu Kapolres Tuban AKBP Darman, Kepala Dinas PUPR Agung Supriyadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang Irawan, Kepala Bappeda Agung Tri Wibowo.

Titik peninjauan daerah rawan banjir Bupati dimulai dari wilayah Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban, Desa Kowang Kecamatan Semanding, serta mengecek pelaksanaan normalisasi DAM di Desa Tuwiri Wetan Kecamatan Merakurak yang mengalami sedimentasi. [ali/rom]