Peringati HPMI, Perhutani KPH Tuban Lakukan Rebosisasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Perum Perhutani KPH Tuban bersama Dandim 0811 melaksanakan MoU dan penanaman bersama di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (06/12/2021).

Reboisasi ratusan pohon dan puluhan buah-buahan tersebut digelar sebagai upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan di wilayah Kabupaten Tuban yang sudah terawat selama ini.

Dalam penanaman pohon dihadiri Dandim 0811/Tuban, ADM Tuban, Asper KPH Kecamatan Plumpang, Asper KPH Kecamatan Parengan, Asper KPH Ngulahan Kecamatan Jatirogo, Forkopimka dan para tokoh masyarakat Kecamatan Semanding
.
ADM Perhutani KPH Tuban Miswanto S.Hut.,M.Hum bersyukur atas dilaksanakannya MoU dan penanaman bersama sinergi Perhutani dan TNI dalam rangka HMPI.

Saat ini banyak masyarakat Tuban yang mencari kehidupan di alam, sehingga pepohonan tidak terjaga dengan baik lagi.

"Reboisasi sebagai langkah awal penghijauan kawasan hutan untuk masa depan," tuturnya

Untuk itu, Perum Perhutani akan membuka lebar untuk semua pihak dalam pelaksanaan menghijaukan kembali di kawasan hutan yang semula tandus untuk merawat dan menjaganya.
"Kami akan membuka ruang bagi semua pihak untuk menjaga kelestarian kawasan hutan seperti kegiatan reboisasi hari ini," ujarnya.

Sepanjang tahun 2021, Perhutani KPH Tuban telah melakukan bersama penghijauan bersama Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridszky, reboisasi di Kecamatan Merakurak, dan di wilayah Laren Kabupaten Lamongan hingga tujuh ribu pohon.

Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan pohon yang ditanam kali ini adalah jenis sengon, trembesi dan balsa. Kegiatan menanam pohon semacam ini tidak hanya berhenti di kawasan lingkungan saja, namun pihaknya ingin menitipkan pohon-pohon tersebut sebagai alternatif investasi masyarakat di masa depan.

Keberadaan sejuta pohon yang ditanam akan sangat bermanfaat untuk alam. Mulai dari memperkokoh kontur tanah dari abrasi, gerusan air hujan, limpasan air, hingga pemecah hempasan angin.

"Kedepannya mudah-mudahan populasi pohon di Tuban terus bertambah dan pada akhirnya memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat kawasan hutan,” imbuhnya.

Sementara Camat Semanding, Danarji S. Sos menambahkan pembukaan lahan penghijauan dan menanam pohon hutan skala luas dapat mengembalikan fungsi hutan dalam penyumbang oksigen. Sekaligus habitat alami flora dan fauna, dan pengatur tata air yang bermanfaat kepada anak cucu serta penerus bangsa di masa mendatang.

“Hutan kita (Tuban) saat ini banyak yang kosong tidak ditanami masih sangat luas. Tiap memasuki musim penghujan bahaya banjir sering terjadi di beberapa daerah. Mudah-mudahan adanya reboisasi ini bisa mengurangi terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Semanding ke depannya,” tutupnya. [ali/sas]