14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

LPM Siar Universitas Negeri Malang Kunjungi Redaksi ke blokTuban.com

bloktuban.com | Thursday, 02 December 2021 21:00

LPM Siar Universitas Negeri Malang Kunjungi Redaksi ke blokTuban.com Kunjungan LPM Siar di redaksi blokTuban.com secara virtual. (Foto: tangkapan layar zoom meeting)

Reporter : Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis (UKMP) Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kunjungan redaksi ke media blokTuban.com secara virtual pada Kamis (2/12/2021) mulai pukul 19.00 - 20.00 WIB.

Puluhan peserta memilih blokTuban.com sebagai tempat kunjungan, karena satu-satunya media lokal di Kabupaten Tuban yang terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Sekaligus memiliki konten bagus dan bisnis yang sehat.

Ketua Umum UKMP, Putri Wardana mengatakan anggota LPm Siar ingin tahu seluk belum keredaksian di blokTuban.com. Istilahnya mengintip dapur redaksinya.

Beberapa hal yang ingin diketahui kemudian menjadi bahan sharing selama satu jam yaitu, tahapan atau alur kerja produksi tulisan atau konten di blokTuban.com. Perbedaaan proses kerja produksi tulisan atau konten antara sebelum dan saat pandemi.

"Apa saja hal yang perlu diperhatikan agar proses produksi berjalan dengan baik. Terakhir tips and trick agar dapur redaksi tetap berjalan saat pandemi," kata Putri.

Perwakilan blokTuban.com yang sharing dengan anggota LPM Siar malam ini yaitu Managing Editor, Ali Imron. Setelah pemaparan materi singkat, Direktur LPM Siar, Fakhrii Hafizh ingin tahu lebih dalam peran dari managing editor tersebut.

"Sebab di LPM Siar hanya ada redaktur atau editor yang langsung di bawah Pimpinan Redaksi (Pimred)," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ali Imron menjelaskan bahwa dapur redaksi setiap media menu apa yang disajikan tergantung pada beberapa hal. Mulai dari Pimred, menu, bahan, supertim, perencanaan, eksekusi, hingga perencanaan.

"Konten di blokTuban.com ada tiga yaitu artikel, video, dan desain grafis. Ketiganya memiliki pembaca sendiri-sendiri," ujar Ali.

Untuk memproduksi konten, di sebuah organisasi LPM maupun media siber harus melakukan rapat redaksi. Di dalamnya membuat perencanaan, hingga karya diterbitkan di website dan di share optimal di sosial media.

"Kuncinya sekarang memproduksi konten sebanyak mungkin, orosinil tidak copy paste, dan produktif," pesannya.

Tak kalah penting, dalam sebuah organisasi bentuklah Super Tim bukan Super Man. Sebab, semua anggota memiliki peran dengan kelebihannya masing-masing. Tidak ada yang diunggulkan atau diremehkan perannya.

"Jangan lupa terus kolaborasi dan membuka mindset, karena dunia terus berkembang dan kita harus terus belajar," pungkasnya. [din/sas]

Tag : kunjungan, redaksi, lpm, siar, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more