Tak Hanya Latih Kelenturan, Ini Manfaat Olahraga Yoga

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Olahraga merupakan hal yang penting bagi tubuh, bahkan Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan anjuran untuk berolahraga minimal 30 menit dalam setiap harinya. 

Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah yoga.

Yoga merupakan olahraga yang tidak hanya berfokus pada aktivitas olah tubuh, melainkan juga pikiran. Dalam sejarah singkatnya, yoga didirikan oleh Maharsi Patanjali yang berasal dari kebudayaan India.

Pada awalnya yoga merupakan sebuah filsafat Hindu yang diartikan sebagai pengendalian pikiran untuk penyatuan terhadap alam semesta. Seiring berjalannya waktu, yoga menjadi sebuah olahraga yang digandrungi masyarakat dan menjadi sebuah lifestyle.

Di Kabupaten Tuban, terdapat salah satu klub pelatihan yoga yakni Flower Yoga. Artika

Yutlanti, pelatih sekaligus pemilik Flower Yoga mengatakan, banyak sekali manfaat yang diambil dari latihan yoga. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan daya tubuh, melatih kelenturan tubuh, meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, melatih keseimbangan, serta dapat membantu perbaikan pada postur tubuh dan kualitas tidur.

Tika, sapaan akrabnya telah menggeluti olahraga yoga kurang lebih dari 7 tahun yang lalu. Ia bercerita bahwa setelah menekuni yoga manfaat yang didapatkannya benar-benar terasa.

“Dulu aku punya asma yang lumayan sering kambuh, pernah coba berbagai jenis olahraga tapi masih sama. Sampai akhirnya coba yoga dan setelah dirutinkan, sampai saat ini udah nggak pernah kambuh,” terangnya.

Flower yoga baru didirikan Tika sejak bulan Juni tahun ini. Awalnya ia tidak berniat membuka pelatihan yoga, namun karena merasa bosan jika harus yoga sendirian ia pun membuka semi private yoga di rumahnya yang berlokasi di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Dalam setiap kelas privatenya, Tika hanya melatih maksimal empat orang dalam satu kelas. Putri, salah satu member Flower yoga menceritakan manfaat yang dirasakannya setelah mengikuti yoga.

“Dulu sebelum yoga ikutnya aerobik tapi berhenti lama, nah setelah tau ada kelas yoganya Mbak Tika ini coba ikut dan ternyata manfaatnya lebih enakan ini daripada aerobik,” tuturnya pada Jumat (26/11/21).

Perempuan asal Kelurahan Sidorejo tersebut melanjutkan, tujuan ikut yoga awalnya memang hanya untuk sekadar gerak saja setelah menghabiskan waktu duduk di kantor berjam-jam.

“Ternyata badan saya ini lentur, saya baru tahu juga pas ikut yoga. Tak pikir juga kaya gerakan olahraga biasa gitu, tapi di yoga juga ada gerakan punggung yang bikin lebih enakan,” jelasnya.

Member lain yakni, Durrotul asal Tasikmadu, juga mengungkapkan bahwa setelah mengikuti yoga berefek pada kualitas tidur yang lebih baik. 

“Terasa lebih nyenyak tidurnya, terus tulangku dulu sendinya agak bermasalah jadi kaku. Dulu lututku itu sakit, sejak ikut yoga udah jarang kambuh,” terangnya.

Tika kembali mengatakan untuk berlatih yoga harus dilakukan secara rutin agar otot-otot yang telah dilatih tidak kembali kaku. 

“Semakin lemes, risiko cedera tentunya akan semakin minimal,” paparnya. [din/ono]