15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Perbaiki Makam Bupati Pertama Tuban, Guna Tingkatkan Pengetahuan Sejarah Masyarakat

bloktuban.com | Monday, 22 November 2021 11:00

Perbaiki Makam Bupati Pertama Tuban, Guna Tingkatkan Pengetahuan Sejarah Masyarakat Lokasi Makam Bupati Tuban. (Foto: blokTuban.com/Dina Zahrotul Aisyi)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Semboyan “Jas Merah” jangan sekali-kali meninggalkan sejarah yang pernah diungkapkan Bung Karno menjadi ungkapan yang masih dijunjung oleh masyarakat hingga saat ini. Termasuk bagi warga Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Di Desa Prunggahan Wetan terdapat sebuah makam yang begitu dihormati oleh warga sekitar. Makam tersebut adalah Makam Raden Aryo Dandang Wacana. Sosok yang sering disebut dengan Ki Ageng Papringan tersebut merupakan Bupati pertama yang memimpin Kabupaten Tuban di tahun 1264-1282.

“Dandang Wacana bukan hanya leluhur orang Prunggahan Wetan saja lo ya, tapi leluhurnya orang Tuban,” ujar Heri, selaku salah satu pengurus makam yang sekaligus menjabat sebagai Ketua BPD Desa Prunggahan Wetan saat ditemui pada Senin (22/11/21).

Heri mengatakan bahwa makam Dandang Wacana dibangun oleh swadaya masyarakat desa sendiri. “Dulu belum seperti ini masih banyak rumbuk-rumbuk, termasuk Gazebo ini semua warga yang gotong royong membangun,” tambahnya.

Makam yang berlokasi di Jalan Papringan, Desa Prunggahan Wetan tersebut saat ini sudah tampak asri karena terdapat taman kecil dan gazebo yang dibangun oleh masyarakat setempat.

Di sana juga terdapat sebuah slogan “Kita Ada Karena Leluhur Kita Ada” yang dijadikan pengingat untuk masyarakat agar selalu menghormati para leluhur.

Ketua BPD tersebut melanjutkan bahwa dengan dibangunnya makam Dandang Wacana masyarakat diharapkan bisa mengunjungi makam tersebut dan lebih mengenal sejarah Kabupaten Tuban.

“Terlebih untuk masyarakat yang muda-muda itu karena sungguh disayangkan kalau orang Tubannya sendiri nggak ngerti sejarah kotanya,” tambahnya.

Belakangan terakhir, terutama di akhir pekan makam sudah mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat. Makam tersebut dibuka 24 jam sehingga di jam berapapun bisa berkunjung.

Heri juga menerangkan bahwa makam Dandang Wacana juga seringkali dijadikan sebagai lokasi edukasi untuk pelajaran sejarah.

“Ada beberapa yang ke sini untuk tugas sekolah, ini terdapat silsilah Dandang Wacana juga,” jelasnya. [din/sas]

Tag : makam, bupati, tuban, prunggahan wetan, dadang wacana



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more