18:00 . RUU TPKS Disetujui Baleg, Masih Ada Poin yang Hilang   |   17:30 . Diduga Depresi, Warga Tuban Ditemukan Gantung Diri di Pohon Mangga   |   17:00 . Karyawan TPPI Tuban Peduli, Salurkan Bantuan Korban Semeru Melalui Kodim 0811   |   16:00 . IPSI Tuban Berangkatkan 11 Atlet Di Kejurda Pencak Silat   |   15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mengenal Woodball, Cabang Olahraga yang Sedang Viral di Tuban

bloktuban.com | Monday, 22 November 2021 12:00

Mengenal Woodball, Cabang Olahraga yang Sedang Viral di Tuban Salah satu peserta lomba woodball sedang bersiap memukul bola. (Foto: blokTuban.com/Dina Zahrotul Aisyi)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Cabang olahraga (cabor) Woodball mungkin masih terdengar asing bagi orang awam. Woodball sendiri diketahui berasal dari Negara Taiwan yang masuk di Indonesia pada 2002 dan terbentuk Indonesia Woodball Assosiation (IWBA) di tahun 2006, Senin (22/11/2021).

Woodball merupakan olahraga yang serupa dengan golf, hanya saja terdapat perbedaan di peralatan. Peralatan woodball sendiri sesuai namanya berbahan dari kayu, mulai dari bola, alat pemukul (mallet) hingga gawang (gate).

Woodball hanya memiliki sedikit perbedaan dengan golf, apabila golf memasukkan bola pada lubang, maka woodball memasukkan bola ke dalam gawang.

Cabor woodball di Kabupaten Tuban baru dilombakan sejak kejuaraan Pekan Olahraga Kabupaten Tuban dan Piala Bupati di tahun 2018.

Meskipun termasuk cabor baru, kejuaran woodball (Woodball Competition) selalu diikuti oleh banyak peserta karena olahraga tersebut termasuk ke dalam olahraga yang sedang viral belakangan.

“Saat ini yang ikut 54 peserta anak-anak dan 26 peserta dewasa. Peserta dewasa ini masuknya ke Piala Bupati karena ada batasan usia untuk Porkab,” ujar Mu’aly selaku ketua panitia Woodball Competiton saat ditemui di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban.

Dalam permainan woodball terdapat dua cara bermain woodball yakni beregu (ganda stroke) dan single stroke. “Untuk perlombaan single stroke itu pakai nama pribadi, kalau yang beregu pakai nama klubnya,” terangnya.

Perhitungan skor dalam woodball dilihat dari peserta yang bisa memasukkan bola dengan pukulan terkecil. “Ada namanya lintasan pakai tali itu, misalkan ada yang mukul 4 kali pukulan baru masuk gawang, nah satunya hanya dua pukulan, jadi yang menang itu yang pukulannya paling kecil,” paparnya.

Terdapat enam lintasan (fairway) dalam satu perbandingan woodball. Mu’aly menjelaskan bahwa panjang lintasan tersebut bermacam-macam. Fairaway pertama merupakan lintasan lurus 80 meter, fairway kedua lurus 45 meter, fairway ke-3 berbentuk L 35 meter dan 15 meter.

“Harus melewati itu semua fairway yang dilakukan dua kali, sehingga total 12 fairway dalam satu pertandingan. Nanti skornya akumulasi,” jelasnya. [din/sas]

Tag : olahraga, woodball, tuban, gor, kompetisi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more