22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dilantik, PA GMNI Tuban Komitmen Perkuat Basis Desa

bloktuban.com | Saturday, 20 November 2021 18:00

Dilantik, PA GMNI Tuban Komitmen Perkuat Basis Desa Pelantikan DPC PA GMNI Tuban. (Foto Humas PA GMNI Tuban untuk blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dewan pengurus cabang (DPC) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tuban resmi dilantik. Mereka berkomitmen memperkuat basis di tingkat desa dan memberikan kontribusi nyata atas problem masyarakat bawah.

Pelantikan dengan tema “Peran Gerakan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Kerakyatan" itu bertempat di gedung serbaguna BUMDes Karangagung, Kecamatan Palang, Sabtu (20/11/2021).

Ketua DPC PA GMNI Tuban, Amir Burhannudin berserta pengurus cabang periode 2021-2026 dilantik oleh Ketua Bidang Agraria, Pertanian dan Kehutanan DPP PA GMNI, Anom Surahno, M.SI.

"Memang beda, jika biasanya pelantikan di kota, kita di desa," kata Amir Burhannudin saat sambutan seusai dilantik.

Menurutnya, desa adalah pilar dari negara, jadi jika 311 desa dan 17 kelurahan yang ada di Tuban maju, maka Kabupatennya secara otomatis juga akan maju.

CEO Deltras Sidoarjo itu juga menambahkan, jika PA GMNI bersifat plural atau majemuk. Sehingga, bagi kader yang ada di dalamnya dibebaskan dalam menentukan karirnya di bidang politik.

"Sekali lagi desa adalah pilar pemerintahan, PA GMNI siap menjadi mitra untuk memperkuat elemen pemerintahan desa dalam segala sendi-sendi kehidupan sosial," imbuh pria yang juga sebagai Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim.

Sementara itu, Anom menyatakan, jika berbicara pada tataran desa, maka alumni GMNI akan bersinggungan dengan para petani. Selain itu juga ada kelas buruh di tatanan kehidupan sosial lainnya.

Dengan begitu, peran alumni sangat dibutuhkan bagi kaum buruh dan petani. "Saya sangat senang pelantikan di lakukan di desa, karena desa sebagai embrio atau pilar kemajuan," terangnya.

Anom yang juga sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Timur menambahkan, gerakan turun ke desa ini harus dimulai.

Jika diimplementasikan, petani butuh akses yang berkolaborasi dengan kecanggihan teknologi, maka alumni bisa memberi pendampingan.

Sekarang gadget sudah banyak yang pegang, tinggal pemanfaatannya. Misal, untuk mengakomodir gerakan petani, baik di bidang pasar, riset dan lain-lain. Di sinilah peran alumni GMNI bisa dilihat.

"Ini zaman kolaborasi dengan kecanggihan teknologi, bisa menjadi energi yang luar biasa jika digunakan dengan baik. Begitu juga sebaliknya," pungkasnya. [ali/sas]

Berikut susunan pengurus DPC PA GMNI Tuban 2021-2026.

1. Ketua: Amir Burhannudin, SH.
2. Wakabid Organisasi, Keanggotaan
dan Kaderisasi: Saifun Nasir, S.Pd, SH.
3. Wakabid Ekonomi Kreatif dan
UMKM: Arya Duta Wisnu Dewangga, S.Sos.
4. Wakabid Politik dan Ideologi: Aji Agus Wiyoto, S.IP.
5. Wakabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak: Henny Hadiyatul Maula, S.Pd.
6. Wakabid Pendidikan, Penelitian dan
Kebudayaan: Triono Khoirul, S.Pd.
7. Wakabid Hukum, HAM, dan Advokasi: Kusuma Yulindrayana, SH.
8. Wakabid Pembangunan Desa dan Pengabdian Masyarakat: Ali Sa’id, SH.
9. Wakabid Pemerintahan, Humas dan Hubal: Warsito, SH.
10. Wakabid Informasi dan Teknologi: Sugeng Sarrono, SE.
11. Wakabid Pemilu dan Pengembangan Demokrasi: Waryono, S.Pd, M.Pd.
12. Wakabid Pemuda dan Mahasiswa: Widyo Handoyo, S.Ant.
13. Wakabid Lingkungan Hidup, Pertanian dan Kemaritiman: Banda Irawan, S.Pd.
14. Sekretaris: Mochamad Sudarsono, S.Pd.
15. Wakil Sekretaris: Andi Surya, S.I.Kom.
16. Bendahara: Nibrosu Rohid, S.I.kom., M.I.Kom.
17: Wakil Bendahara: Gunawan Wihandono, S.Pd.

Tag : dpc, gmni, tuban, karangangung, palang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat