17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |   11:00 . Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban   |   10:00 . Tahun 2022, Pemerintah Targetkan 1 Kematian per 1000 Jemaah Haji   |   09:00 . Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan   |   08:00 . Kesadaran Masyarakat Tentang Kesehatan Mulut dan Gigi Rendah, Dokter: Banyak Penyakit Mengintai!   |   17:00 . Pedagang Dari Luar Kota Turut Padati Gerbang Makam   |   16:00 . 2.620 Orang Ikuti Pawai Tarauf Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi   |   15:00 . PMK Sudah Masuk Tuban, Sampelnya Puluhan Sapi di Desa Wolutengah Kerek   |   14:00 . Usia 19 Tahun Pandai Berbisnis, Pemuda Plumpang Raup Cuan Jutaan Rupiah Setiap Bulan   |   13:00 . Ladang Pertanian di Pesisir Tuban Mendadak Jadi Danau, BMKG Turun ke Lokasi   |  
Sat, 21 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mahasiswa Unirow Kawal Tiga UMKM di Kelurahan Karang

bloktuban.com | Thursday, 18 November 2021 15:00

Mahasiswa Unirow Kawal Tiga UMKM di Kelurahan Karang Pengrajin gerabah kelurahan Karang. (Foto: Fina Lailatul Fadhilah untuk blokTuban.com)

Penulis: Fina Lailatul Fadhilah  

blokTuban.com – Program Wira Desa adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana berbagai disiplin ilmu yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Lembaga Eksekutif Mahasiswa dengan persetujuan Pemimpin Perguruan Tinggi atau lembaga/unit organisasi Perguruan Tinggi yang ditunjuk Pemimpin Perguruan Tinggi. Organisasi dimaksud adalah organisasi kemahasiswaan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang kepengurusannya dibuktikan dengan Surat Keputusan Pemimpin Perguruan Tinggi.

Di Kabupaten Tuban, salah satu kampus yang menjalankan program tersebut adalah mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) yang beroperasi di Jalan Manunggal nomor 61 Tuban. Abid Arrohman salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sipil Prodi Ilmu Komunikasi Unirow menjalankan program Wira Desa di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding.

Bersama 10 anggota kelompoknya, Abid mengawal dan mengembangkan UMKM yang sudah ada atau merintis UMKM baru di desa / kelurahan. Sekaligus menjadi pelopor kemajuan UMKM. Di Kelurahan Karang terdapat tiga UMKM yaitu gerabah, batik yang mana sekarang dikembangkan menjadi ekoprint, dan legen yang dikelola oleh kelompok mahasiswa Wira Desa itu sendiri.

“Program ini membantu masyarakat yang mempunyai UMKM kecil,” jelas Abid saat ditemui dikampusnya, Kamis (18/11/21).

Sepanjang program, mahasiswa dituntut untuk mengembangkan UMKM yang ada di kelurahan tersebut. Misalnya gerabah yang sebelumnya dijual untuk gendok ikan asin dengan harga Rp800-Rp1.100 per biji, kini dikembangkan menjadi celengan berkarakter dengan harga Rp5.000 per biji.

Untuk peningkatan harga jual batik, maka dilakukan teknik ekoprint yang lebih dulu dilakukan pelatihan bersama Dasawisma Dahlia Kelurahan Karang di sentra batik. Pembuatan varian rasa baru dan kemasan yang menarik dari legen salah satu trik pengembangan dari kelompok wira desa.

Pada saat monitoring, masyarakat menganggap bahwa kelompok Wira Desa Unirow sebagai KKN. Beruntungnya dukungan penuh pihak Kelurahan Karang dan keikutsertaan karang taruna setempat turut menyukseskan program. Pemberian pemahaman kepada masyarakat dari ketidaktahuan menjadi salah satu penghambat dari program.

"Kita harus mulai dari awal untuk memahamkan masyarakat, bahkan pertama kali kita monitoring ke masyarakat kita di anggap KKN,” imbuhnya.

Saat ini, sebuah paguyuban gerabah terbentuk oleh tim Wira Desa untuk meningkatkan daya jual dan bagaimana proses pengrajin gerabah kelurahan Karang dipersatukan.Ttim karang taruna bergabung dan berperan dalam penjualan.

“Kami ingin bisa melakukan pelatiahan pembuatan gerabah berkarakter, pembuatan ekoprint, pembuatan legen aneka macam rasa serta kemasan dan menjadikan wisata edukasi,” harapnya. (*)

Keterangan : *Penulis adalah Mahasiswi Magang di blokTuban.com, dan sekarang masih Semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unirow Tuban*

Tag : ukm, unirow, tuban, karang, semanding, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more