16:00 . Akhir Pekan, Cabai Keriting dan Rawit Tuban Turun   |   15:00 . Dahaga Pedagang Sapi Tuban Terobati, Berharap Ekonomi Pulih   |   14:00 . Resmi Dibuka Hari Ini, Pasar Hewan Tuban Diserbu Penjual Sapi Lokal dan Luar Kota   |   13:00 . Peringatan Dini 3 Harian : Waspada Angin Kencang di Tuban, Bojonegoro dan Lamongan   |   12:00 . Mantan CEO Arema Ajak Ringankan Beban Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Malang   |   11:00 . YLBH Minta Negara Bertanggung Jawab Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang   |   10:00 . Sang Penjaga Bumi   |   09:00 . Lirik Lagu 'Teteg Ati' dan Chord - Happy Asmara Trending di Youtube   |   08:00 . 3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW   |   07:00 . Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS   |   06:00 . Bukit Lei Resmi Jadi Venue Paralayang Kedua di Tuban, Langsung Dipakai Liga Jatim Seri II   |   05:00 . Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, 127 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia   |   19:00 . Ribuan Masyarakat Padati Festival Bakar Ikan di Tuban   |   18:00 . Peringati Hari Jadi Tuban ke 729, Kecamatan Jenu Bakar 7.290 Ekor Ikan   |   15:00 . Per 1 Oktober 2022 Pertamina Turunkan Harga BBM Pertamax   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mahasiswa Unirow Kawal Tiga UMKM di Kelurahan Karang

bloktuban.com | Thursday, 18 November 2021 15:00

Mahasiswa Unirow Kawal Tiga UMKM di Kelurahan Karang Pengrajin gerabah kelurahan Karang. (Foto: Fina Lailatul Fadhilah untuk blokTuban.com)

Penulis: Fina Lailatul Fadhilah  

blokTuban.com – Program Wira Desa adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana berbagai disiplin ilmu yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Lembaga Eksekutif Mahasiswa dengan persetujuan Pemimpin Perguruan Tinggi atau lembaga/unit organisasi Perguruan Tinggi yang ditunjuk Pemimpin Perguruan Tinggi. Organisasi dimaksud adalah organisasi kemahasiswaan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang kepengurusannya dibuktikan dengan Surat Keputusan Pemimpin Perguruan Tinggi.

Di Kabupaten Tuban, salah satu kampus yang menjalankan program tersebut adalah mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) yang beroperasi di Jalan Manunggal nomor 61 Tuban. Abid Arrohman salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sipil Prodi Ilmu Komunikasi Unirow menjalankan program Wira Desa di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding.

Bersama 10 anggota kelompoknya, Abid mengawal dan mengembangkan UMKM yang sudah ada atau merintis UMKM baru di desa / kelurahan. Sekaligus menjadi pelopor kemajuan UMKM. Di Kelurahan Karang terdapat tiga UMKM yaitu gerabah, batik yang mana sekarang dikembangkan menjadi ekoprint, dan legen yang dikelola oleh kelompok mahasiswa Wira Desa itu sendiri.

“Program ini membantu masyarakat yang mempunyai UMKM kecil,” jelas Abid saat ditemui dikampusnya, Kamis (18/11/21).

Sepanjang program, mahasiswa dituntut untuk mengembangkan UMKM yang ada di kelurahan tersebut. Misalnya gerabah yang sebelumnya dijual untuk gendok ikan asin dengan harga Rp800-Rp1.100 per biji, kini dikembangkan menjadi celengan berkarakter dengan harga Rp5.000 per biji.

Untuk peningkatan harga jual batik, maka dilakukan teknik ekoprint yang lebih dulu dilakukan pelatihan bersama Dasawisma Dahlia Kelurahan Karang di sentra batik. Pembuatan varian rasa baru dan kemasan yang menarik dari legen salah satu trik pengembangan dari kelompok wira desa.

Pada saat monitoring, masyarakat menganggap bahwa kelompok Wira Desa Unirow sebagai KKN. Beruntungnya dukungan penuh pihak Kelurahan Karang dan keikutsertaan karang taruna setempat turut menyukseskan program. Pemberian pemahaman kepada masyarakat dari ketidaktahuan menjadi salah satu penghambat dari program.

"Kita harus mulai dari awal untuk memahamkan masyarakat, bahkan pertama kali kita monitoring ke masyarakat kita di anggap KKN,” imbuhnya.

Saat ini, sebuah paguyuban gerabah terbentuk oleh tim Wira Desa untuk meningkatkan daya jual dan bagaimana proses pengrajin gerabah kelurahan Karang dipersatukan.Ttim karang taruna bergabung dan berperan dalam penjualan.

“Kami ingin bisa melakukan pelatiahan pembuatan gerabah berkarakter, pembuatan ekoprint, pembuatan legen aneka macam rasa serta kemasan dan menjadikan wisata edukasi,” harapnya. (*)

Keterangan : *Penulis adalah Mahasiswi Magang di blokTuban.com, dan sekarang masih Semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unirow Tuban*

Tag : ukm, unirow, tuban, karang, semanding, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat