15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dapat Beras Berkutu dan Bau Apek Warga Tluwe Protes

bloktuban.com | Friday, 12 November 2021 08:00

Dapat Beras Berkutu dan Bau Apek Warga Tluwe Protes PROTES : Karena Menerima Beras BPNT yang Berbau dan Berkutu Warga Protes. (foto;anang)

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan ibu-ibu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang ada di Desa Tluwe, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban berkumpul di salah satu kediaman ketua kelompok PKH, Kamis (11/11/2021).

Mereka berkumpul untuk melakukan protes terhadap agen, sebab beras yang mereka terima dari program tersebut yang mestinya putih, sudah berwarna kuning kehitaman dan berbau bahkan sudah muncul kutu beras. Komoditas pangan tersebut, diterima warga sekitar satu minggu yang lalu.

"Dapatnya begini Mas, warnanya kuning kehitaman. Ini ngumpul semua ingin berunding, bagaimana baiknya," ucap salah seorang warga penerima KPM, Harmuntik kepada blokTuban.com bersama warga KPM lain.

Camat Soko, Danramil beserta Kapolsek Soko hadir menengahi protes masyarakat. Pihak Forkopimcam Soko menengahi bagaimana kesepakatan antara warga dan pemerintah desa. Dimana Kepala Desa Tluwe, Sidik Wiyono merupakan orang tua dari agen Suryana Sejahtera.

Warga yang berkumpul di area RT/RW 04/01, kemudian duduk melingkar bersama Forkopimcam berikut Kades demi mencari kesepakatan terbaik.

Camat Soko, Sudarto dalam hal ini menerangkan bahwa ada ketentuan baru agen boleh ambil beras diluar suplayer. Tetapi Kabupaten twtap menganjurkan semua beras harus melalui suplayer. 

"Di Tluwe ini, belum ada perintah dari kabupaten tapi agen ini sudah memberikan komoditas kepada KPM. Alkhirnya, beras yang bukan dari suplayer itu diberikan pada KPM. Dan itu tidak melalui pemeriksaan dari kami. Apakah beras layak atau tidak," terang Camat Soko.

Ditambahkan lagi, kemarin Selasa (9/11/2021) pihaknya bersama Danramil berikut Kapolsek Soko sudah melakukan sidak ke beberapa warga. Dan memang beras yang diterima KPM adalah beras jenis medium, bukan premium.

"Makanya saya perintahkan kepada agen dan kepada Kepala Desa untuk menarik semua beras yang sudah dibagikan kepada warga untuk diganti ke beras premium. Di Tluwe saja, yang lain tidak," katanya lagi.

Di sisi lain, beras yang diterima warga KPM, setiap 1 sak berisi 15 Kg. Setelah diadakan pertemuan, warga menuturkan bahwa beras ada yang masih utuh tapi jarang. Sebagian sudah ada yang dimasak untuk dikonsumsi, sisanya lagi ada yang tinggal 2 kg hingga 5 Kg.

"Saya yakin yang diterima warga sebelum beras suplayer itu datang seperti itu semua. Kurang lebih yang dilayani Tluwe ini 150 lebih KPM," pungkas Camat Soko. [feb/ono].

 

Tag : beras, beras bpnt, beras berkutu, beras bau apek, soko, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more