10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berita Hoax Covid-19 Mengancam, Diskominfo Tuban Sosialisasi Pembentukan KIM Bancar

bloktuban.com | Monday, 25 October 2021 15:00

Berita Hoax Covid-19 Mengancam, Diskominfo Tuban Sosialisasi Pembentukan KIM Bancar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Beberap waktu yang lalu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengingatkan agar warga Kabupaten Tuban diminta untuk mewaspadai berita hoax terkait vaksinasi Covid-19. Pesan tersebut disampaikan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di beberapa desa.

 

Gayung bersambut, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban menyelenggarakan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Bancar, Senin (25/10/2021).

 

Tutik Musyarofah selaku kepala Bidang IKP Diskominfo sekaligus narasumber menerangkan, kegiatan ini diharapkan mampu meminimalisir hoax. Di sisi lain kelompok masyarakat yang terlatih dapat membantu memperlancar saluran informasi dan komunikasi.

 

"Pasca ikut pelatihan diharapkan KIM ini mampu menangkal informasi hoax dan membantu kelancaran informasi dan komunikasi baik horizontal maupun vertikal," kata Tutik, Senin (25/10/2021).

 

Pantauan blokTuban.com, sosialisasi pembentukan KIM di pesisir barat laut Tuban itu diikuti tidak kurang dari 30 peserta. Mereka rerata saat ini berkecimpung sebagai admin website desa, admin taprose, pengurus karang taruna, perangkat desa, dan generasi milenial.

 

Ketika membuka acara, Camat Bancar, Sutaji menambahkan, kegiatan ini penting untuk masyarakat Bancar. Mengingat, arus informasi di era digital saat ini sulit dibendung.

 

"Saya berharap peserta kali ini serius, jangan ada materi yang terlewat dan semoga bukan sekedar kegiatan formalita," ucap pria humanis ini.

 

Selain Kepala Bidang IKP Tutik Musyarofah, Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS), Chairul Huda juga terlibat menjadi narasumber. Jurnalis senior di Tuban itu ditugaskan menyampaikan materi tentang teknik menulis berita yang benar. 

 

Apalagi, akhir-akhir ini dunia digital banyak bermunculan informasi dan berita palsu atau oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

 

Jika tidak ada kehati-hatian, masyarakat akan mudah termakan hoax. Ironinya lagi, ada yang ikut menyebarkan informasi yang berdampak pada kerugian bagi pihak korban fitnah. 

 

"Maka belajar dan menyampaikan berita dengan benar harus kita kawal. Semoga informasi di Tuban semakin jernih dengan terbentuknya KIM ini," kata Huda. [Rof]

 

Tag : Berita, Covid-19, Kominfo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more