15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Persiapan Porprov, Atlet Panjat Tebing Latihan Rutin di GOR

bloktuban.com | Sunday, 03 October 2021 09:00

Persiapan Porprov, Atlet Panjat Tebing Latihan Rutin di GOR

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

 

blokTuban.com- Terdapat puluhan cabang olahraga (Cabor) yang tergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban, salah satunya adalah panjat tebing. Panjat tebing atau rock climbing ini termasuk ke dalam olahraga yang menantang.

 

Meskipun demikian, banyak manfaat yang didapatkan untuk kesehatan seperti meningkatkan kelincahan dan kelenturan tubuh, serta memperkuat otot tubuh. Tak hanya itu, panjat tebing yang dilakukan secara teratur atau dalam intensitas yang sering dapat membantu meningkatkan konstentrasi, fokus dan kepercayaan diri.

Atlet panjat tebing Tuban biasa memanfaatkan fasilitas wall climbing di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga untuk latihan rutin. Faisol Romadhoni, selaku pelatih atlet panjat tebing mengatakan bahwa para atlet sedang melakukan latihan rutin untuk persiapan PORPROV se-Jawa Timur tahun depan.

 

“PORPROV-nya masih tahun depan tapi kan perlu persiapan panjang untuk latihan,” ujarnya pada Sabtu (2/10/2021).

 

Fasiol menambahkan bahwa untuk menyiapkan atlet yang hendak melangkah ke Porprov tidak hanya dilihat dari peringkat dan kekuatan fisik akan tetapi juga kesiapan mental, oleh sebab itu perlu persiapan yang matang.

 

Sebelum melakukan panjat tebing tentunya para atlet harus melakukan latihan fisik terlebih dahulu, seperti pemanasan lari, stretching, dan sebagainya.

 

Faisol mengungkapkan bahwa latihan fisik panjat tebing ini yang paling berat dari Cabor lain karena harus sama kuat antara fisik dan mentalnya. Selain itu, atlet panjat tebing juga harus memikirkan strategi sebelum memanjat.

 

“Dalam panjat tebing, selain fisik mental, otak itu juga nomor 1 karena memikirkan strategi penempatan kaki dan tangan. Mungkin orang lain kalau melihat saja terlihat gampang yang penting manjat sampai atas, tapi kalau atlet lihat ini mikir jalurnya,” terangnya.

 

Latihan rutin atlet panjat tebing biasa dilakukan selama lima hari yakni selasa, rabu, kamis, sabtu dan minggu mulai pukul 14.00 WIB, sampai pukul 17.30 WIB. Atlet panjat tebing yang dilatih Faisol dari berbagai macam usia, yang paling kecil usia 7 tahun.

 

“Umurnya macam-macam, ini kebanyakan ya SD, SMP. Biasanya kalau atlet rentang umurnya sampai 21 tahun,” jelasnya.

 

Sebelum ada fasilitas wall climbing di GOR, para atlet biasanya melakukan latihan di UNIROW, namun sejak tahun 2012 lebih sering berlatih di GOR.

 

“Kadang juga masih ganti-gantian, biar nggak bosan. Biasanya kita juga ke tebing alam langsung seperti di Montong atau Watu Ondo,” ujar Faisol.

 

Daniella Angie (13), salah satu atlet panjat tebing mengatakan bahwa awalnya memang suka panjat tebing, kemudian melanjutkan jadi atlet. Ia bergabung sejak usia 9 tahun dan sudah beberapa kali mengikuti lomba kejuaran panjat tebing, seperti di Surabaya dan Madura. Meskipun belum menyabet juara, ia tetap giat berlatih untuk mempersiapkan Porprov tahun depan.

 

Eben Haezar (7) yang merupakan atlet panjat tebing termuda juga mengaku senang dengan olahraga panjat tebing, Ia mulai mengikuti panjat tebing sejak TK hingga sekarang kelas 1 SD.

 

“Panjat tebing seru dan nggak menakutkan kok,” tutupnya. [dina/col]

 

 

Tag : Panjat tebing, Atlet, latihan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more