07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |   10:00 . TPPI Latih Pelaku UMKM Tuban Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan   |   09:00 . Lima Inovator SIG Pabrik Tuban Juara Pertama Award on Innvation 2021   |   08:00 . 100 Perempuan Pelaku Usaha Kuliner dan Kreatif Tuban Berdaya Selama Pandemi Covid-19   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   21:00 . Satpol PP Peringatkan PKL yang Sengaja Tinggalkan Gerobaknya di Trotoar   |   20:00 . Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang   |   19:00 . Tidak Perlu Takut, TB Bisa Sembuh dengan Rutin Minum Obat Selama 6 Bulan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cari Talenta Start Up, Tiga Tim Terbaik Menangkan Ajang Pertamina Muda

bloktuban.com | Sunday, 03 October 2021 18:00

Cari Talenta Start Up, Tiga Tim Terbaik Menangkan Ajang Pertamina Muda

 

Reporter: Nidlomatum MR

 

blokTuban.com - Pertamina menggelar ajang kompetisi ide bisnis tingkat mahasiswa dengan tema “Pertamuda, Seed and Scale 2021”. Kegiatan bertujuan mencari bibit-bibit start up muda ini diikuti 2025 peserta akhirnya menghasilkan 50 tim, dari 23 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

 

Tiga peserta terbaik mendapatkan apresiasi dana pembinaan senilai total Rp 300 juta yakni tim Chickin dari Universitas Brawijaya, Tim Analitica dari Universitas Airlangga dan Tim Tekpang dari Universitas Indonesia. 

 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam gelaran “Awarding Night” yang berlangsung di Bali, 1 Oktober 2021 disaksikan Direksi dan manajemen Pertamina Grup.

 

Nicke Widyawati menyampaikan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak disektor energi, Pertamina juga berkewajiban mendukung Pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) di poin 4 yakni pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia. 

 

“Namun kita tidak mau berhenti disitu, kita harus beyond. Seperti halnya juga Pertamina, harus melakukan transformasi kearah yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu SDG’s yang akan kita capai bukan hanya yang nomor 4, tetapi kita harus masuk lagi ke tujuan yang nomor 8 dari SDG’s, bagaimana pendidikan ini bisa mendukung kearah pencapaian pertumbuhan ekonomi dari aspek kewirausahaan. Hal ini sangat penting mengingat kewirausahaan adalah penyumbang 60% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia,” ujar Nicke.   

 

Hal inilah, tambah Nicke, yang menjadi latar belakang Pertamina menggelar ajang kompetisi ide bisnis tingkat mahasiswa “Pertamuda Seed & Scale 2021”. Yakni untuk mendorong tumbuhnya para wirausahawan muda, lahirnya start up-start up baru dari berbagai kampus, yang selanjutnya dapat meningkat menjadi Unicorn, sebagaimana yang digaungkan oleh Kementrian BUMN mendorong seluruh BUMN turut andil melahirkan unicorn-unicorn muda Indonesia. 

 

Kompetisi Pertamuda Seed & Scale menjadi ajang untuk mempersiapkan etos kewirausahaan dikalangan pemuda. Dengan kegiatan ini diharapkan para generasi millennial dapat menjadi generasi digital economy yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi berdasarkan ilmu yang sudah didapat dari jenjang Pendidikan.

 

Pada Pertamuda, Tim Chickin mengusung ide bisnis Aplikasi Smart Farm Micro Climate Controller sebagai solusi untuk peternakan ayam agar lebih produktif dan efisien. Ide bisnis dari Tim Analitica mengusung Platform Edukasi Try Out Online yang dirancang khusus untuk persiapan ujian SBMPTN, Ujian Mandiri, Kedinasan dan Olimpiade. Sedangkan Ide Bisnis Tim Tekpang mengusung Alat Teknologi tepat guna untuk pengolahan pupuk nitrat Cair sebagai penguatan ketahanan pangan pasca Pandemi Covid-19.

 

“Saya sangat bangga dengan achievement ini. Walaupun hanya dalam waktu tiga bulan, kita bisa memilih dan menyeleksi inovasi-inovasi yang sangat relevan dengan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa kita dan mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik,” tegas Nicke. [lis]

Tag : Pertamina, muda, ajang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more