Launcing MBKM, UNIROW Tuban Raih Berbagai Program Hibah Kemendikbud Ristek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Universitas PGRI Ronggolawe menggelar kegiatan Penyambutan dan Pemberangkatan Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) dan Launching Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Lantai 2 Gedung Rektorat, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan itu digelar secara Daring dan Luring yang dihadiri oleh Sekjen Kemendikbud Ristek, Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan Tuban, PPLP-PT PGRI Tuban, Para Penerima Hibah, Mitra Kampus Merdeka serta tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor I Unirow Tuban Dr. Warli M. Pd menyampaikan, capaian prestasi program MBKM yang didapatkan dari Kemendikbud Ristek diantaranya adalah International Credit Transfer (ICT) sebanyak 9 mahasiswa, Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) dengan Course Unirow Young Enterpreneur Courses (UYEC) yang diikuti sebanyak 80 mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi dengan 4 Dosen Pembimbing. 

Kemudian Kampus Mengajar (KM) 1 dan 2 yang diikuti oleh Dosen Pembimbing sebanyak 21 orang dan mahasiswa sebanyak 16 orang, program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri yang diikuti mahasiswa Unirow sebanyak 6 orang dan menerima mahasiswa Luring sebanyak 5 orang dan Daring sebanyak 65 orang dari 34 Perguruan Tinggi. 

Lebih lanjut ada juga Program Magang Atau Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka yang didapatkan oleh 1 Mahasiswa, Program Magang Dosen Ke Industri yang didapatkan oleh 3 Dosen, Program Hibah Tracer Study 2021, Program Wira Desa, Program Kemitraan Lptk yang didaptakn oleh 2 Dosen dan juga program Bantuan Dana Inovasi Pembelajaran Dan Teknologi Bantu Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di Peguruan Tinggi.

“Ada Total sebanyak 10 Program yang diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa di Unirow Tuban," kata Dosen Pendidikan Matematika tersebut.

Pada kesempatan itu, Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Dra. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes menjelaskan, pada Tahun Akademik 2021/2022 Unirow Tuban telah mendapatkan berbagai Program Hibah Nasional maupun International. Selain itu, Unirow Tuban akan selalu berkomitmen untuk serentak bergerak mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan akan menjadi pelopor perguruan tinggi di Tuban untuk mewujudkan MBKM.

"Unirow merupakan satu-satunya Kampus di Tuban yang mendapatkan hibah MBKM, sehingga Unirow akan bertekat menjadi Pelopor Kampus MBKM,” jelas Prof. Dian sapaan akrabnya.

Dia berharap, bagi para penerima hibah MBKM tentunya bisa mengembangkan kompetensi dan passion masing-masing supaya bisa belajar dengan maksimal. Kesempatan belajar di luar prodi bisa dilaksanakan secara maksimal dan menyelesaikan program MBKM selama satu semester ke depan supaya menjadi bekal untuk masa depan yang lebih gemilang.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tuban, Joko Sarwono yang juga turut hadir mewakili Bupati Tuban menyampaikan ucapan selamat datang bagi mahasiswa dari luar daerah yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa. 

Selain itu, Pak Joko juga menitipkan mahasiswa Unirow Tuban yang sudah diberangkatkan oleh rektor. "Selamat datang bagi mahasiswa yang mengikuti pertukaran mahasiswa dari Luar Daerah,” pungkas Joko Sarwono.[hud/sas]