12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |   10:00 . Uter, Kreasi Berbahan Janur yang Dilestarikan Kelurahan Gedongombo Tuban   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

2.000 Pohon di Hutan Jati Peteng Mulai Dipotong untuk Industri Kilang Tuban

bloktuban.com | Thursday, 30 September 2021 13:00

2.000 Pohon di Hutan Jati Peteng Mulai Dipotong untuk Industri Kilang Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Pembukaan area hutan Jati Peteng di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban sudah dimulai pada Rabu (29/9/2021) oleh Pertamina dan Perhutani.

Kurang lebih ada 2.000 pohon ukuran kecil hingga besar yang akan dipotong untuk kebutuhan industri Kilang Minyak Grass Root Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban.

Kasi Produksi Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, Khaidir mengatakan ada tiga petugas Perhutani yang membantu Pertamina menebang pohon di kawasan Hutan Jati Peteng.

“Pertamina minta tolong melalui surat ke kami untuk pemotongan pohon termasuk di lokasi relokasi rumah warga. Kemrin hari pertama simulasinya,” ujar Khaidir kepada blokTuban.com, Kamis (30/9/2021).

Untuk jangka waktu pemotongan pohon di hutan tersebut, lanjut Khaidir belum diketahui karena belum ada informasi detail dari Pertamina. Tim Perhutani selalu siap dan tinggal menunggu kesiapan tim lapangannya Pertamina.

“Untuk kayu yang ditebang nantinya milik Pertamina, karena ganti rugi tegakan pohon sudah diselesaikan,” imbuh pria ramah ini.

Sedangkan Yuli Wahyu Witantra selaku Corporate Affairs Kilang GRR Tuban belum bisa memberikan gambaran pembukaan area hutan termasuk lokasi relokasi warga Jenu.

“Yang bisa kami sampaikan bahwa, ini milestone atau timeline penting untuk tim teknis terkait dari Pertamina poryek GRR Tuban dan mempertimbangkan kompleksitas yang dialami tim terkait hak ini,” sambung Yuli secara terpisah.

Dikatakan Yuli bahwa tim saat ini dengan sangat berhati-hati menyusun strategi yang tepat untuk memastikan seluruh proses berjalan dengan baik dan tidak ada yang dirugikan.

Pertamina sendiri sebelumnya telah menyelesaikan proses pembersihan lahan seluas 328 hektar dan pemulihan lahan abrasi seluas 20 hektar. Seiring dengan pembebasan lahan yang mencapai titik akhir, pada tahun 2021 ini Pertamina berencana untuk melanjutkan proses pembersihan lahan (land clearing) tahap 3 dan tahap 4.

“Proses pembersihan lahan tahap 3 akan dimulai pada bulan Maret dan nantinya akan menyasar pada 109 hektar lahan eks Perhutani serta 156 hektar lahan yang berasal dari warga yang telah dibebaskan sebelumnya,” kata Ifki Sukarya, Corporate Secretary Subholding Refinering & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional dilansir dari duniaenergi.

Ada 20 hektare lahan milik Perhutani di tepi jalur Pantura Desa Sumurgeneng, Jenu yang disediakan untuk warga relokasi. Lokasi tersebut direncanakan dihuni oleh 34 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak industri Kilang Tuban.

Selain rumah, lahan relokasi juga akan dilengkapi dengan fasilitas umum pendukungnya. Warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu akan dipindahkan ke lokasi tersebut, setelah pemukiman selesai dibangun dan siap huni. [ali/sas]

Tag : kilang, minyak, tuban, perhutani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat