15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mie Setan Kolor Ijo, Pelopor Kuliner Mie Pedas  Pertama di Tuban

bloktuban.com | Saturday, 18 September 2021 16:00

Mie Setan Kolor Ijo, Pelopor Kuliner Mie Pedas  Pertama di Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Jajanan mie pedas dengan berbagai level adalah kuliner yang sedang popular bagi anak-anak muda, terutama untuk para pecinta pedas. Kedai Mie Setan Kolor Ijo yang berlokasi di Jalan Brawijaya Kebonsari Gg. III No. 21 (Timur SMA PGRI) Tuban adalah pelopor kuliner mie pedas pertama di Tuban.

Kedai mie setan kolor ijo, atau biasa disingkat dengan mie kojo sudah berdiri sejak tahun 2013. Ide awal memulai bisnis kuliner mie pedas ini bermula saat di Tuban belum ada yang menjual varian mie pedas level.

“Dulu mie di Tuban kan masih seputar mie ayam, mie pangsit, jadi ada ide buat jualan mie pedas level,” ujar Dwi Arini (18/9/2021).

Sebelum berlokasi di Kebonsari, lokasi mie kojo saat baru pertama buka berada di TK pertiwi Tuban. Awal bisnis tersebut dikembangkan oleh orang tua Mas Rendra, dan sekarang dilanjutkan sama Rendra.

Pemberian nama mie setan kolor ijo dikarenakan mie yang dijual berwarna hijau. Rendra, selaku pemilik kedai tersebut mengaku membuat mienya sendiri dengan bahan pewarna alami, yakni sayur sawi.

Mie kojo menyediakan tujuh level pedas yakni mie level surga (tanpa cabai), level amatir (cabai 1-5), level easy (cabai 6-10), level medium (11-20), level hard (cabai 21-30), level professional (cabai 31-40), dan level neraka (cabai 41-50).

Dari ketujuh level tersebut yang paling diminati adalah level hard dan professional. “Biasanya rekomen buat anak-anak muda itu level hard sama professional, tapi yang nggak terlalu bisa makan pedas juga bisa yang level surga atau bisa request cabenya berapa,” jelasnya.

Selain menjual mie kojo, juga terdapat camilan, dimsum dan aneka minuman yang memiliki nama unik seperti es rambut genderuwo, es hantu jeruk purut, es tuyul fantasi, es sel darah putih dan berbagai menu lain.

“Nama esnya sebenernya menyesuaikan nama mienya aja. Kalau es rambut genderuwo itu isiannya cincau serut, tuyul fantasi itu isianya jelly, es sel darah putih isianya ada selasih sama jellynya,” terangnya.

Harga mie kojo kisaran Rp12.000- Rp15.000 tergantung level pedas yang dipilih, untuk take away terdapat biaya tambahan Rp1.000. Pengunjung kedai mie kojo biasanya ramai dikunjungi oleh anak-anak muda.

Selain datang ke kedai, mie setan kojo juga biasa dibeli melalui aplikasi grab atau delivery order melalui nomer whatsapp mie kojo. Meskipun sekarang terdapat banyak penjual varian mie pedas level, pelanggan mie kojo masih tetap banyak karena mie kojo sudah lama eksis dan yang paling pertama di Tuban.

“Pelanggan tetap ada, karena ini mienya sudah ada dari dulu dan terkenal di Tuban. Alhamdulillah bisa bertahan sampai sekarang," tegasnya.

Selama masa PPKM level 4 di Tuban kemarin, ia mengeluhkan penjualannya menurun karena adanya batasan penjualan. Dari pihak RT Kelurahan Kebonsari memberi batasan buat buka, jadinya kemarin hanya buka sampai jam 8 malam. Kalau biasanya buka dari jam 10 pagi sampai 9.15 Wib malam.

Fannia, salah satu pembeli yang berkunjung ke kedai mie kojo mengatakan baru pertama kali mencoba mie kojo. “Baru pertama kali nyoba mie kojo, ternyata enak, untuk harga 12.000 terbilang murah karena mienya banyak, topping ayamnya juga nggak pelit,” terangnya. [dina/sas]

 

Tag : Mie, ayam, Tuban, pedas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more