Mie Setan Kolor Ijo, Pelopor Kuliner Mie Pedas  Pertama di Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Jajanan mie pedas dengan berbagai level adalah kuliner yang sedang popular bagi anak-anak muda, terutama untuk para pecinta pedas. Kedai Mie Setan Kolor Ijo yang berlokasi di Jalan Brawijaya Kebonsari Gg. III No. 21 (Timur SMA PGRI) Tuban adalah pelopor kuliner mie pedas pertama di Tuban.

Kedai mie setan kolor ijo, atau biasa disingkat dengan mie kojo sudah berdiri sejak tahun 2013. Ide awal memulai bisnis kuliner mie pedas ini bermula saat di Tuban belum ada yang menjual varian mie pedas level.

“Dulu mie di Tuban kan masih seputar mie ayam, mie pangsit, jadi ada ide buat jualan mie pedas level,” ujar Dwi Arini (18/9/2021).

Sebelum berlokasi di Kebonsari, lokasi mie kojo saat baru pertama buka berada di TK pertiwi Tuban. Awal bisnis tersebut dikembangkan oleh orang tua Mas Rendra, dan sekarang dilanjutkan sama Rendra.

Pemberian nama mie setan kolor ijo dikarenakan mie yang dijual berwarna hijau. Rendra, selaku pemilik kedai tersebut mengaku membuat mienya sendiri dengan bahan pewarna alami, yakni sayur sawi.

Mie kojo menyediakan tujuh level pedas yakni mie level surga (tanpa cabai), level amatir (cabai 1-5), level easy (cabai 6-10), level medium (11-20), level hard (cabai 21-30), level professional (cabai 31-40), dan level neraka (cabai 41-50).

Dari ketujuh level tersebut yang paling diminati adalah level hard dan professional. “Biasanya rekomen buat anak-anak muda itu level hard sama professional, tapi yang nggak terlalu bisa makan pedas juga bisa yang level surga atau bisa request cabenya berapa,” jelasnya.

Selain menjual mie kojo, juga terdapat camilan, dimsum dan aneka minuman yang memiliki nama unik seperti es rambut genderuwo, es hantu jeruk purut, es tuyul fantasi, es sel darah putih dan berbagai menu lain.

“Nama esnya sebenernya menyesuaikan nama mienya aja. Kalau es rambut genderuwo itu isiannya cincau serut, tuyul fantasi itu isianya jelly, es sel darah putih isianya ada selasih sama jellynya,” terangnya.

Harga mie kojo kisaran Rp12.000- Rp15.000 tergantung level pedas yang dipilih, untuk take away terdapat biaya tambahan Rp1.000. Pengunjung kedai mie kojo biasanya ramai dikunjungi oleh anak-anak muda.

Selain datang ke kedai, mie setan kojo juga biasa dibeli melalui aplikasi grab atau delivery order melalui nomer whatsapp mie kojo. Meskipun sekarang terdapat banyak penjual varian mie pedas level, pelanggan mie kojo masih tetap banyak karena mie kojo sudah lama eksis dan yang paling pertama di Tuban.

“Pelanggan tetap ada, karena ini mienya sudah ada dari dulu dan terkenal di Tuban. Alhamdulillah bisa bertahan sampai sekarang," tegasnya.

Selama masa PPKM level 4 di Tuban kemarin, ia mengeluhkan penjualannya menurun karena adanya batasan penjualan. Dari pihak RT Kelurahan Kebonsari memberi batasan buat buka, jadinya kemarin hanya buka sampai jam 8 malam. Kalau biasanya buka dari jam 10 pagi sampai 9.15 Wib malam.

Fannia, salah satu pembeli yang berkunjung ke kedai mie kojo mengatakan baru pertama kali mencoba mie kojo. “Baru pertama kali nyoba mie kojo, ternyata enak, untuk harga 12.000 terbilang murah karena mienya banyak, topping ayamnya juga nggak pelit,” terangnya. [dina/sas]