Luncurkan Patradaya 2021, EMCL Komitmen Tingkatkan Akses Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan Masyarakat Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kembali meluncurkan Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) ke tiga desa di wilayah kerjanya. Program kemasyarakatan peningkatan kualitas sarana publik pada tahun 2021 ini berada di Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang, Desa Cendoro, dan Desa Karangagung Kecamatan Palang.

PIC program Patra Daya, Joni Wicaksono mengungkapakan, program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat serta menjaga hubungan baik antara EMCL dengan warga dan stakeholder setempat. Sosialisasi dan musyawarah desa, pihak EMCL menggandeng LSM Lentera Bahari Institute sekaligus pendamping program.

“Dari program ini diharapkan keberadaan EMCL sebagai KKKS dan Operator Blok Cepu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat serta menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat di Tuban,” ungkap Joni kepada blokTuban.com, Sabtu (11/9/2021).

Sebelumnya, sosialisasi telah digelar di dua balaidesa. Yakni Balai Desa Sumurjalak dan Cendoro pada Kamis (9/11/2021). Forum musyawarah desa tersebut melibatkan warga, pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dan pendamping program.

“Program yang kita sosialisasikan melipuiti peningkatan akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua LSM Lentera Bahari Institute satau mitra pendamping program, M. Harun mengatakan, Program ini dilaksanakan bekerja sama antara pemerintah setempat , warga desa, karang taruna dan tokoh masyarakat desa. Di masing-masing desa, lanjut dia, akan dibentuk Tim Pelaksana (TIMLAK).

“Guna mensukseskan program ini kita akan intens berkoordinasi dan mendampingi, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring sampai pertanggungjawaban,” kata Harun.

Warga setempat dan tim pelaksana, imbuhnya, akan amendapatkan pelatihan khusus. Mereka diharapkan bisa berdaya dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan EMCL.

“Ke depannya akan dilaksanakan pelatihan kepada Timlak  sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan transfer knowledge,” tegas pria asal Palang tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sumurjalak-Plumpang, H. Jinawan merespon positif adanya program Pataradaya di desanya. Selaku pemangku kebijakan di tingkat desa, pihaknya komitmen akan mendukung penuh suksesnya program kemasyarakatan ini hingga tuntas.

“Dari kesepakatan musyawarah desa, kegiatan Patradaya dari EMCL tahun 2021 dalam bentuk kegiatan pembangunan gedung pertemuan PKK dan Karang Taruna Desa Sumurjalak,” terang Kades.

Kades berharap bahwa pembangunan ini bisa terlaksana degan baik dan bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK untuk berkegiatan. Sedangkan gedung Karang Taruna bisa berguna untuk melakukan kreativitas.

“harapan akami, Timlak mampu memaksimalkan bantuan dari EMCL sehingga bisa termanfaatkan dengan efektif,” ujar Jinawan.

Senada seirama dengan Kades Sumurjalak, Kades Cendoro-Palang, Yuli Eko Utomo ketika menerima program tersebut. Berdasarkan kesepakatan bersama, program kemasyarakatan dari EMCL di desanaya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan infrastruktur pertanian. Timlak yang dibentuk, dengan memperhatikan keterlibatan perempuan baik dari wakil LPMD dan PKK.

“Program ini akan kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan sektor pertanian,” kata Kades.

Pihaknya berujar, Program Patradaya akan diwujudkan meningkatkan dukungan infrastruktur pertanian yang memada berupa pembangunan saluran irigasi pertanian. Menurutnya, pembangunan saluran irigasi ini sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah Desa (RPJMDesa) Cendoro.

“Harapan besar kami terhadap EMCL, bahwa pembangunan saluran irigasi ini bisa suistainable/berkelanjutan karena saluran irigasi di Desa Cendoro ada sekitar 2 km yang masih dalam bentuk saluran tanah.

Program Pataradaya ini juga mendapat apresiasi Pemerintah Kabupaten Tuban melalui pemerintah kecamatan lokasi kemasyarakatan. Pihak pemerintah juga mendukung penuh program peningkatan akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di tengah himpitan pandemi saat ini.

“Tterima kasih dan kami sampaiakn apresiasi terhadap kegiatan patradaya dari EMCL di Tahun 2021 ini. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat khusunya apalagi saat ini masyarakat dihadapkan pada masalah yang serba sulit akibat pandemi,” kata Kasie PMD Kecamatan Plumpang, Nugroho mewakili Camat.[rof/sas]