Fisip Unirow dan Bawaslu Jatim Kerjasama Beri Pendidikan Politik Mahasiswa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Gedung Pertemuan Rektorat Unirow Tuban.

Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Jawa Timur atas sinergitas yang sudah dibangun dengan perguruan tinggi. Selain itu, Rektor yang dikenal tegas ini juga menyampaikan bahwa adanya MoU ini diharapkan bisa saling memberikan manfaat antar sesama Lembaga.

“Harapannya bisa melakukan kolaborasi dalam memajukan lembaga masing-masing” Jelas Prof. Dian sapaan akrabnya, Sabtu (28/8/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fisip Unirow Tuban Dr. Usep Supriatna, M.Pd bahwa MoU ini akan menjadi pintu masuk dalam melaksanakan program-program yang sudah disepakati. Selain itu, sinergitas Perguruan tinggi dan Lembaga pemerintahan sangat penting dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lebih Lanjut Anggota Bawaslu Jawa Timur Aang Khunaifi, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Unirow Tuban yang sudah menjalin kerjasama dengan Bawaslu Jawa Timur. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan MoU ini diharapkan Kampus bisa turut andil dalam pelaksanaan Pengawasan Partisipatif sebagaimana dalam program Bawaslu. Selain itu, beliau berharap dengan adanya MoU ini bisa ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program Pendidikan pengawasan yang berkelanjutan.

“Dengan adanya Kerjasama ini kita bisa mewujudkan sekolah Pengawasan di Perguruan Tinggi untuk memberikan Pendidikan politik kepada Mahasiswa Unirow” Jelas Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubbungan Antar Lembaga Bawaslu Jatim.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh. Amin, M.Pd.I, Dosen-Dosen Fisip Unirow dan Mahasiswa Fisip Unirow.

Dalam kegiatan ini setelah MoU juga dilaksanakan diskusi yang bertemakan Pendidikan Pengawasan. Selain itu, juga dilaksanakan diskusi pembahasan tindaklanjut MoU yang sudah ditandatangani untuk direalisasikan sesuai Tridharma Perguruan Tinggi. [ali/sas]