Jangan Lengah Saat Ambil BST

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat Kecamatan Parengan mulai mengambil Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 14 dan 15 Kementrian Sosial RI melalui PT. Pos Indonesia pada 1 Agustus 2021.

Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan uang tunai Rp600.000. 

Penyaluran yang dipusatkan di Balai Desa Selogabus, Kecamatan Parengan dikawal ketat oleh Tiga Pilar Parengan (TNI–Polri dan Satpol PP).

Penyaluran BST tersebut dialokasikan kepada 778 KPM dengan rincian Desa Suciharjo 165 orang, Desa Selogabus 166 orang, Desa Sendangrejo 69 orang, Desa Mojomalang 212 orang, Desa Sugihwaras 77 orang dan Desa Margorejo sebanyak 89 orang. P

enyaluran BST ini merupakan program Pemerintah melalui Kemensos RI, yang tentunya harus dikawal dan diamankan, agar program tersebut terlaksana tepat waktu dan tepat sasaran.

Kapten Inf Sunaryo selaku Komandan Koramil 0811/18 Parengan berpesan kepada Babinsa di lapangan yang saat sedang bertugas dalam membantu penyaluran BTS, agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) karena ini masih massa pandemi.

Mulai dari memakai masker yang benar, mencuci tangan dengan air dan sabun atau sanitizer, dan menjaga jarak aman saat penyaluran BST Kemensos.

"Jangan biarkan masyarakat terlena gara–gara menerima bantuan tersebut, jangan lupa hati-hati jaga faktor keamanan dan keselamatan apalagi ini masih diberlakukannya PPKM Darurat Protkes lebih diutamakan," ucapnya, Senin (2/7/2021).

Ditambahkan Koptu Pendi Setiawan Babinsa Ramil 0811/18 Parengan Desa Selogabus dalam kesempatannya menyampaikan kepada warga, agar supaya lebih berhati–hati dalam proses pengambilan BST, agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan bantuan tersebut.

Para Babinsa juga memberikan himbauan dan membagikan Masker kepada para peserta pengambil BST yang lupa tidak membawa Masker, pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial Tunai berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Disambung Eko Suhartadi selaku Camat Parengan dan penanggung jawab penyaluran BST mengucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak dari TNI-Polri dan Sat Pol PP atas bantuan pelaksanaan penyaluran ini, yang mana dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman serta Protokol Kesehatan tetap dijalankan.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat kami, apalagi saat terdampak dari pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Tampak hadir Drs. Eko Suhartadi (Camat Parengan), Kapten Inf Sunaryo (Danramil 0811/18 Parengan), Aiptu Joko Pristiono (Babinkamtibmas Desa Selogabus), Koptu Pendi Setiawan (Babinsa Selogabus), Idrus Rasyidi, SE (Kades Selogabus), Bambang beserta 4 orang dari PT. Pos indonesia, Anggota Satpol PP, Kesra masing-masing Kelurahan/Desa,  dan warga masyarakat penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sejumlah 778 orang. [ali/ono]