Jangan Buka Jendela Saat Cuaca Panas, Ini Anjuran Dokter

Reporter: -

blokTuban.com - Saat cuaca panas, Anda pasti akan mencuri cara untuk membuat tubuh terasa lebih dingin, seperti menyalakan kipas angin atau AC, mandi air dingin hingga membuka jendela.

Tapi, semua cara itu tak seharusnya dilakukan. Menurut Dokter Mark, membuka jendela ketika cuaca panas bisa menyebabkan panas di luar masuk ke dalam ruangan.

Karena itu, lebih baik menjaga jendela tetap tertutup ketika cuaca panas. Selain itu, membuka jendela ketika cuaca panas dan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan juga bisa menimbulkan risiko kesehatan.

"Menutup tirai dan jendela ketika cuaca panas bisa membantu ruangan lebih dingin," kata NHS dikutip dari Express.

Menurut NHS, Anda juga tidak boleh meninggalkan seseorang di dalam kendaraan tertutup ketika cuaca panas dan kondisi sedang berhenti, terutama bayi, anak kecil atau hewan.

Berikut ini juga beberapa hal yang harus dihindari ketika cuaca panas:

1. Hindari olahraga ketika cuaca sangat panas
2. Hindari minum alkohol
3. Usahakan menghindari sinar matahari antara jam 11 pagi hingga 3 sore

Selain menghindari hal-hal tersebut, ada cara terbaik untuk mendinginkan tubuh ketika cuaca panas. Anda bisa menyalakan AC ketika tinggal di gedung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan, menyalakan AC adalah cara pertama untuk melindungi diri Anda dari penyakit dan kematian terkait cuaca panas.

"Jika rumah Anda tidak ber-AC, kurangi risiko penyakit yang berhubungan cuaca panas dengan menghabiskan waktu di fasilitas umum yang menggunakan AC," pungkasnya.

*Sumber: suara.com