Menuju Herd Imunity, Warga Pesisir Antusias Ikut Vaksinasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Program vaksinasi di Kabupaten Tuban terus digencarkan baik oleh Pemkab, TNI maupun Polri. Pada Rabu (21/7/2021) pagi vaksinasi menyasar warga pesisir Tuban tepatnya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.

Vaksin untuk masyarakat bertujuan menuju herd immunity Corona yang harus dicapai dengan melindungi orang melalui vaksinasi, bukan dengan memaparkan masyarakat pada patogen penyebab penyakit.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjabarkan herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika suatu populasi kebal baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

Bertempat di balai Desa Socorejo, warga pesisir dengan usia 18 tahun ke atas mengantre dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Selama proses antrean vaksinasi, Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim bersama TNI, Polri memantau langsung dan menyemangati warga untuk waspada dimasa pandemi.

"Ada 250 dosis vaksin dari Polres. Kami berterimakasih karena bisa menjadi mitra dalam pelaksanaan vaksinasi ini," ujar Kades Arief ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Sementara waktu vaksin di Desa Socorejo menyasar warga usia dewasa. Sedangkan untuk sasaran anak-anak masih menunggu droping vaksin di lain kesempatan.

Antusiasme warga yang berbondong-bondong ke balai desa diapresiasi oleh Pemdes setempat. Karena tanpa perlu diminta warga sudah sadar pentingnya vaksinasi tersebut.

"Tanpa kami gembar-gembor sudah banyak warga yang megantre. Maksimal nanti pukul 13.00 Wib selesai," imbuh Kang Arief sapaan akrabnya.

Sekedar diketahui, Polres terus gencar menyukseskan vaksinasi nasional. Pertama bertempat di GOR Rangga Jaya Anoraga, Mapolres Tuban setiap hari dan kali ini safari ke desa-desa.

Upaya jemput bola tersebut dilakukan, selain lebih efektif tepat sasaran juga lebih disiplin mentaati protokol kesehatan covid-19. Bila dibandingkan vaksinasi massal sebelumnya, safari ke desa lebih efektif dan efesien.

Gebyar vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban telah dimulai pada Selasa (29/6/2021). Rombongan tim vaksinasi yang diberangkatkan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki dan Forkopimda membawa 28.080 vaksin dan menyebar di 20 kecamatan dengan pengawalan Polsek setempat.

Sesuai intruksi terbaru Presiden RI dalam sehari 2 juta vaksin, maka Pemkab, Polres dan Kodim 0811 meningkatkan jumlah sasaran vaksin dari 9 ribu ke 20 ribu.

"Saat ini Pemkab fokus pada vaksinasi tahap pertama. Untuk ketersediaan vaksin tahap kedua akan dibahas lebih lanjut," kata Bupati Lindra terpisah. [ali/mu]