Di Sela Belajar Daring, Pelajar 13 Tahun Sempatkan Vaksin di Pantai Kelapa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Menindak lanjuti program Pemerintah tentang Vaksinasi Nasional, serta memanfaatkan objek wisata yang sepi akibat tutup sementara selama masa PPKM juga sambil menikmati suasana pantai, Kodim 0811 Tuban menggelar vaksinasi massal di obyek Wisata Pantai Kelapa Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kamis (22/7/2021).

Dengan melibatkan 40 Vaksinator yang terdiri dari gabungan TNI dan Tenaga Kesehatan. Selain itu, melibatkan seluruh pengelola objek Wisata Pantai Kelapa Panyuran. Lalu dimonitoring dari pihak Satgas Covid-19 juga TNI-Polri dan disediakan 3000 dosis vaksin gratis buat masyarakat Kabupaten Tuban.

Salah satu pelajar peserta Vaksin adik Rereo (13) mengaku merasa senang mengikuti Vaksinasi di lokasi Pantai Kelapa Panyuran. Karena berlangsung dengan tertib serta didukung oleh suasana yang nyaman.

“Ini vaksin yang pertama karena sibuk dengan pelajaran secara daring, kebetulan sedikit longgar jadi saya bisa menyempatkan kesini yang diantarkan oleh ibu,” ucapnya.

Pelajar asal Kecamatan Palang ini berharap, dengan adanya vaksinasi gratis massal untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tuban. Harapannya penyebaran Virus Covid-19 ini bisa berhenti sehingga bisa beraktifitas kembali seperti semula.

“Alhamdulillah tidak terasa sakit saat disuntik. Semoga pandemi dapat segera berakhir agar masyarakat tidak semakin kesusahan dan kami bisa bersekolah kembali dengan tatap muka, serta dapat berkumpul bersama kawan-kawan,” imbuhnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mensukseskan Vaksinasi massal jajaran Kodam V Brawijaya. Tujuannya, memberikan peserta Vaksin suasana yang berbeda dan merasa nyaman. Sambil menikmati lokasi wisata alam pantai serta mencegah kerumunan.

“Kendati obyek wisata sedang tutup di masa PPKM Darurat, namun kegiatan kali ini dapat menghibur warga yang menjalani Vaksinasi dengan lebih santai sambil berjalan-jalan di lokasi pantai, dengan menyediakan 3000 dosis harapannya 1600 orang dapat tervaksin pada hari ini,” katanya.

Dandim menjelaskan, sasaran vaksinasi massal kali ini mengutamakan buat karyawan objek wisata pantai di Tuban. Lalu para pedagang serta warga masyarakat sekitar lokasi tempat berlibur paling favorit di Kabupaten Tuban ini.

“Namun kami pun juga melayani peserta vaksin yang berasal dari luar Kabupaten Tuban, pada intinya warga masyarakat umum dan remaja usia 12 - 17 tahun juga diperbolehkan dengan syarat membawa Fotocopy Kartu Keluarga (KK),” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa Panyuran menyampaikan, agar PPKM dapat berjalan sesuai agenda dan supaya ekonomi masyarakat tidak semakin terpuruk.

“Vaksin ini adalah bagian dari upaya kita bersama untuk mendukung program Pemerintah agar tempat wisata bisa segera dibuka kembali, supaya ekonomi UMKM bisa bergeliat kembali,” pungkas Muhasan. [ali/sas]