Warga Kampung Miliader Kurban 99 Ekor Sapi dan 36 Kambing

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perayaan Iduladha 1442 H / 2021 M di Kampung Miliader Kabupaten Tuban sangat meriah karena ada seratus ekor lebih hewan yang akan dikurbankan.

Lantaran terlalu banyak hewan yang dikurbankan di Desa Sumurgeneng dan Wadung, Kecamatan Jenu, beberapa ekor hewan didistribusikan ke desa di kecamatan lain di luar Jenu.

"Tahun ini Desa Wadung mengurbankan 32 ekor sapi dan 30 ekor kambing," ujar Kepala Desa Wadung, Sasmito ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (19/7/2021).

Untuk rinciannya, lanjut Sasmito data yang dihimpun dari Masjid Wadung ada 24 ekor sapi dan 20 kambing yang dikurbankan. Sedangkan di Masjid Ringin ada delapan ekor sapi  dan 10 ekor kambing.

Kendati demikian, Kades Wadung yang warganya banyak para miliader meminta untuk konfirmasi ke takmir masjid untuk data validnya. Sementara Kades Sumurgeneng, Jenu, Gihanto belum berkenan menyampaikan soal jumlah hewan yang dikurbankan.

"Terkait kurban pemdes tidak bisa menyampaikan apa-apa, kurban sudah urusan takmir," sambungnya.

Mengutip salinan hasil rapat internal panitia kurban Masjid Al Huda Desa Sumurgeneng tahun 2021, sementara ada 67 ekor sapi dan enam ekor kambing yang masuk data untuk dikurbankan.

Disepakati bahwa hewan kurban dari warga di kampung miliarder Sumurgeneng tidak hanya disembelih di dalam desa, tetapi juga didistribusikan ke berbagai lokasi masjid maupun musala.

Sedikitnya ada 24 lokasi distribusi hewan kurban dari Desa Sumurgeneng, mulai Masjid Karangrejo Desa Rawasan, Masjid Mlangwe Desa Mentoso, Masjid Plaosan Desa Tasikharjo, Masjid Attqwa Desa Temaji, Masjid Dermo Desa Tasikharjo dan Masjid Pereng Desa Purworejo.

Kemudian Masjid Gunung Kalak Wilis, Masjid Suwalan, Masjid Banaran, Masjid Besar Beji, dan Masjid Jenggolo. Lalu  Masjid Antana Jenu, Masjid Kaliuntu serta Masjid Meduran Desa Beji.

Selain itu juga disalurkan ke Masjid Pomahan, Masjid Waringgolo, Masjid Sugihan Merakurak, Masjid Tobo Merakurak, Masjid Jabung Sugihwaras, Masjid Prunggahan Kulon, Masjid Kajar Sokogrenjeng.

bahkan ada yang ke Masjid Karanganyar, Masjid Merkawang, Masjid Karangdowo, Masjid Soko Sekardadi, Masjid Sumurwaru Remen, Masjid Tuwiri Wetan, Pondok Pesantren Sarang, Rembang, dan kantor kecamatan.

Bila dijumlahkan, seluruh hewan kurban di Desa Sumurgeneng dan Wadung Jenu, total 99 ekor sapi dan 36 ekor kanbing. Sementara jumlah perbandingan hewan kurban di kampung miliarder pada tahun 2020 lalu belum diperoleh, baik dari Kades Sumurgeneng maupun Wadung.

Sebelumnya, suasana dua desa di atas sepintas nampak biasa dengan yang lainnya. Sebutan kampung miliader viral setelah dua video belasan mobil baru didatangkan di kampung miliader di Kabupaten Tuban pada tanggal 14 Februari 2021. 

Dikroscek ke lapangan, ada 17 mobil baru yang datang dari total 176 mobil yang dibeli oleh warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu.

Para warga mendadak menjadi milyader setelah menjual lahannya untuk kepentingan proyek Kilang Tuban Pertamina kerjasama dengan Rosneft Rusia.

Kilang minyak GRR yang ditargetkan beroperasi pada 2024 memiliki luas mencapai 1.050 hektar dengan rincian 821 hektar lahan darat, sedangkan sisanya lahan reklamasi laut.

Untuk kebutuhan lahan darat, tersebar di Desa Kaliuntu 6 bidang, 562 bidang di Wadung, 566 bidang di Sumurgeneng, Perhutani 1 bidang, dan di KLHK 1 bidang.

Pertamina menyebut, proyek grass root refinery Tuban akan onstream pada 2026 dengan nilai investasi Rp225 triliun. Setelah mulai beroperasi, Kilang Tuban akan meningkatkan ketahanan produksi minyak mentah dengan produk olahan bensin, solar, dan avtur. Selain itu akan memperkuat industri petrokimia.

Di balik heroisme cerita tentang ketahanan energi nasional. Ada kisah tentang kehidupan warga di sekitarnya. Bagi sebagian warga di sana, mereka berharap relokasi ini adalah yang terakhir. Karena tercerai berai dari sanak kerabat selalu menyisakan cerita pilu. [ali/ono]