Rumah Warga Parengan Ludes Terbakar, 5 Kambing Terpanggang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu rumah milik warga di Dusun Besulu, Desa Pacing, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Kamis (8/7/2021) siang ludes terbakar. Rumah yang terbuat dari material kayu tersebut diketahui milik Ibu Jasni (55). Rumah tersebut ludes tidak tersisa setelah beberapa jam dilumat api.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan pemilik rumah mengalami kerugian materil hingga puluhan juta rupiah lantaran isi rumah beserta 5 ekor hewan ternak jenis kambing ikut terpanggang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, kronologi kejadian itu berawal sekitar pukul 13.20 WIB. Saat itu, Kaepala Desa Pacing, Said lewat depan rumah dan melihat ada percikan api di rumah bagian depan milik Ibu Jasni.

"Percikan api disebabkan dari perapian tungku dekat tumpukan jerami yang jaraknya sangat dekat dengan papan rumah. Sehingga api cepat membesar dan merambat keseluruhan area rumah yang terbuat dari papan kayu jati," terang Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto.

Selanjutnya, Kades yang melihat hal itu langsung berteriak meminta tolong kepada tetangga dan warga sekitar guna untuk melakukan upaya pemadaman api dengan alat seadanya.

Karena api yang semakin besar, kejadian itu kemudian dilaporkan kepada Pemerintah Kecamatan yang diteruskan ke BPBD Kabupaten Tuban Pos Rengel.

Sesampainya dilokasi, BPBD Kabupaten Tuban Pos Rengel langsung melakukan upaya pemadaman. "Namun api membesar begitu cepat sehingga memerlukan bantuan dari Mako BPBD Tuban dan Pos Jatirogo untuk penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Setelah mendapatkan bantuan dari Mako BPBD Tuban dan BPBD Pos Jatirogo, akhirnya sekitar pukul 15.10 WIB api berhasil di padamkan dan di lanjutkan pembasahan dengan menggunakan unit Damkar dibantu Babinsa, Babinkamtibmas serta warga sekitar.

"Akibat kejadian itu, kerugian pemilik rumah diperkirakan mencapai Rp70 juta dengan rincian: 1 unit rumah dengan ukuran 6X12 M kurang lebih Rp60 juta, 5 ekor Kambing senilai kurang lebih Rp10 juta. Sehingga total keseluruhan kerugian mencapai kurang lebih Rp70 juta," pungkas Yudi. [hud/mu]