Kades Maindu Mutasi Pejabat Sekdes Jadi Kasun, Ini Alasannya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mutasi jabatan di lingkungan Pemerintah Desa (Pemdes) terjadi di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, mutasi jabatan tersebut dilakukan kepada Sekretaris Desa (Sekdes) yang dimutasi jabatan sebagai Kepala Dusun (Kasun). Sedangkan, posisi Sekdes saat ini diisi oleh Kasi Perencanaan Desa Maindu sebagai Pelakana Tugas (Plt) Sekdes.

Adapun pelaksanaan pelantikan mutasi jabatan baru tersebut dilaksanakan pada Kamis (24/6/2021) di Balai Desa setempat, yang dihadiri oleh Forkopimka serta seluruh perangkat desa.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Desa (Kades) Maindu Lazib mengatakan, mutasi jabatan di lingkungan Pemdes itu dilakukan setelah adanya Musyawarah Desa (Musdes) antara Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat.

"Jadi mutasi itu dilakukan berdasarkan kesepakatan Musdes. Sebab, Sekdes sebelumnya menyatakan tidak mampu mengemban amanah jadi sekdes dan bersedia menjadi Kasun," ungkap Kades saat dikonfirmasi melalui via telepon.

Dia menjelaskan, selain Musdes mutasi jabatan di lingkungan Pemdes Maindu tersebut juga telah di koordinasikan dengan pihak Pemerintah Kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas-KB) Kabupaten Tuban.

"Terkait mutasi itu, kita sudah melakukan Musdes dan sudah koordinasi dengan Dispemas KB Tuban," kata Kades.

Sementara itu, Camat Montong Suwoto membenarkan adanya mutasi di lingkungan Pemdes Maindu. Bahkan, dia juga menghadiri acara pelantikan mutasi jabatan tersebut dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

"Iya, ada mutasi jabatan di lingkungan Pemdes Maindu," jelas Camat saat dikonfirmasi.

Camat mengungkapkan, mutasi jabatan di lingkungan Pemdes itu dilakukan berdasarkan keputusan Kades, disamping itu salah satu pejabat Kasun di Desa Maindu sudah purna/pensiun sehingga pejabatnya kosong.

"Jadi, Kasun Patakbanteng, Desa Maindu pensiun, sehingga Sekdes dimutasi sebagai Kasun. Sedangkan, Plt Sekdes di jabat oleh Kasi Perencanaan Desa Maindu," pungkas Camat.

Sebatas diketahui, Sekdes Maindu yang awalnya dijabat oleh Harun sementara ini dijabat oleh Kasi Perencanaan Desa Maindu, Muali sebagai Plt Sekdes. Sedangkan Kasun Patakbanteng yang mulanya kosong karena pejabatnya pensiun diisi oleh Harun.[hud/col]

Berita Selanjutnya: Merasa Terzalimi, Mantan Sekdes Maindu Angkat Bicara