20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Akhir Mei, Waspadai Banjir Bengawan Solo

bloktuban.com | Monday, 31 May 2021 15:00

Akhir Mei, Waspadai Banjir Bengawan Solo

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, Kabupaten Tuban masuk dalam daftar wilayah berpotensi banjir pada akhir bulan Mei 2021.

Status waspada banjir BMKG berlaku dipelbagai wilayah, seperti Bojonegoro, Lamongan, dan Tuban Jawa Timur, Bogor dan Karawang Jawa Barat, Pati dan Kudus Jawa Tengah, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Parigi Moutong Sulawesi Tengah, dan Luwu Utara Sulawesi Selatan.

Rincian daerah berpotensi banjir dengan status waspada hingga ke level kecamatan pada provinsi diatas selengkapnya dapat dilihat pada: http://bit.ly/DiseminasiPD_30Mei2021.

Direktorat Peringatan Dini Kedeputian Bidang Pencegahan, BNPB meminta Pemerintah Daerah untuk dapat diambil langkah langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak. Koordinasi dengan stakeholder dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya.

Mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan. Mengidentifikasi kebutuhan logistik dan peralatan. Memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik dan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi.

BMKG juga meminta masyarakat untuk dapat diambil langkah langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan mnyiagakan tim siaga bencana (Memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur Desa, mempersiapan evakuasi). Menyimpan barang penting ke tempat aman, dan membatasi aktivitas di luar rumah.

Jika berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air/ gorong-gorong. Menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga dll). Tetap melakukan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur potensi banjir yang dimaksud bukan banjir rob melainkan dampak dari luapan Sungai Bengawan Solo.

"Dari Bengawan solo potensinya, kalau hulu gak hujan lebat maka tidak akan terjadi," kata Rofiq, Senin (31/5/2021).

Data Pengamatan tanggal 31 Mei 2021 Pukul 09.00 Wib, elevasi di Karang Nongko = 22.05 m, BG Bojonegoro Siaga Hijau 7.34 m, dan Babat = 5.43 m siaga hijau. [ali/mu]

Tag : bengawan solo, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more