436 CJH Lansia di Tuban Telah Divaksin

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji tahun 2021.

Kendati masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat, tahun ini Kantor Kemenag Kabupaten Tuban telah mempersiapkan sebanyak 1.296 Calon Jamaah Haji (CJH).

Persiapan itu meliputi kelengkapan  dokumen-dokumen mulai paspor, lembar pelunasan hingga proses vaksinasi Covid-19 bagi CJH yang berusia 60 tahun ke atas atau Lanjut Usia (Lansia).

"Untuk persiapan sudah semua, termasuk vaksinasi kepada sekitar 436 CJH lansia," terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Khulsum, Kamis (27/5/2021).

Umi menjelaskan, proses vaksinasi Covid-19 terhadap CJH lansia baik tahap 1 maupun 2 telah dilaksanakan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban.

Sedangkan untuk proses vaksinasi terhadap CJH lainya hingga saat ini belum ada intruksi. "Vaksinasi diprioritaskan untuk CJH lansia. Untuk CJH yang lainnya belum ada intruksi," jelasnya.

Sebatas diketahui, dari jumlah 1.296 CJH yang telah disiapkan untuk berangkat ke Tanah Suci itu, mereka merupakan CJH yang gagal berangkat pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020 yang lalu.[hud/sas]