Tri Suci Waisak, Umat Buddha Berdoa Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pelaksanaan sembahyang dalam rangka Hari Tri Suci Waisak dilaksanakan oleh umat Buddha di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pelaksanaan sembahyang tersebut dilaksanakan oleh umat Buddha dengan sederhana dan hikmat.

Disamping itu, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 setiap umat yang masuk tempat pemujaan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 yakni dengan cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak.

"Hari ini kita sembahyang Tri Suci Waisak," kata umat Buddha asal Surabaya, Sugiarto ketika di TITD Kwan Sing Bio Tuban, Rabu (26/5/2021).

Pada Tri Suci Waisak kali ini, dia memanjatkan doa kepada Siddharta Gautama agar pandemi Covid-19 lekas berakhir, sehingga umat Buddha bisa sembahyang meriah seperti tahun sebelumnya.

"Doa pada Tri Suci Waisak ini, semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, agar kehidupan kita bisa seperti sebelumnya," imbuh Sugiarto yang datang bersama istri tersebut.

Sementara itu, Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro menyatakan, pada sembahyang Tri Suci Waisak ini dia berdoa agar virus Covid-19 segera sirna.

Dia juga berharap agar bangsa Indonesia selalu rukun dan damai, di tengah dinamika politik yang terus berkembang. "Semoga covid-19 lekas sirna, dan bangsa Indonesia selalu rukun hidup damai," pungkasnya.[hud/sas]